Pendidikan Karakter pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMP Negeri 3 Rantau Bayur
Keywords:
karakter, pembelajaran jarak jauh, pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan Pendidikan karakter pada masa pembelajaran jarak jauh dengan kondisi pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Rantau Bayur serta strategi yang digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara yang dilakukan kepada para orang tua atau wali peserta didik di SMP Negeri 3 Rantau Bayur dan juga guru yang mengajar di SMP Negeri 3 Rantau Bayur. Pendidikan karakter adalah proses pendidikan yang menanamkan nilai- nilai karakter pada dimensi moral dengan ranah sosial dalam kehidupan peserta didik sehingga terbentuk generasi yang berkualitas, mandiri dan memiliki prinsip kebenaran sehingga menjadi manusia insan kamil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan karakter dapat terlaksana jika ada kerjasama antara orang tua atau wali peserta didik, guru, dan sekolah. Orang tua sebagai pendidik pertama bagi peserta didik mempunyai peran besar terutama masa pandemi dimana peserta didik melakukan PJJ dengan Belajar Dari Rumah (BDR). Pengembangan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan cara selalu memantau sikap dan perilaku dengan bantuan orang tua berupa nilai karakter agama, Pancasila, dan budaya. Demikian diharapkan peserta didik memiliki karakter kepribadian yang baik, tidak hanya cerdas di ilmu pengetahuan. Selain itu, masa pandemi ininmelalui PJJ bukan merupakan halangan para guru untuk menciptakan generasi muda yang handal, berbudi luhur dan memiliki tata nilai serta karakter yang baik.