Optimalisasi Peran Aktif Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA PGRI Betung Banyuasin

Authors

  • Herawati Universitas Sriwijaya
  • Eka Supriasih Universitas Sriwijaya
  • Aziz Rohman Universitas Sriwijaya
  • Apit Fathurrohman Universitas Sriwijaya

Keywords:

covid-19, optimalisasi peran aktif, PJJ

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi wabah covid-19 yang melanda sehingga sekolah diliburkan dan tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring (online), dimana guru dan siswa tetap melakaksanakan proses pembelajaran dari rumah. Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimanakah peran aktif siswa dalam mengikuti proses pembelajaran daring (online) selama masa pandemi covid 19 pada siswa kelas 12 SMA PGRI Betung kabupaten banyuasin. 2) apa kendala yang dihadapi siswa dalam mengoptimalkan peran aktif selama pembelajaran daring (online). 3) apa saja upaya yang dilakukan sekolah dan guru khususnya untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam mengoptimalkan peran aktif siswa kelas 12 SMA PGRI Betung kabupaten banyuasin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Tehnik pengumpulan datanya adalah tehnik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data adalah lembar observasi, panduan wawancara dan catatan lapangan. Analisis penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran aktif siswa dalam mengikuti proses pembelajaran daring (online) selama masa pandemi covid 19 belum optimal; 2) Kurangnya optimalisasi peran aktif siswa mengikuti pembelajaran daring (online) selama masa pandemi covid 19 disebabkan berbagai kendala diantaranya: a. faktor pendukung orangtua b. Sarana dan prasarana (telepon pintar, jaringan internet, paket kuota data, jaringan listrik dsb); 3) Upaya yang dilakukan sekolah diantaranya kunjungan kerumah–rumah untuk menemui orang tua dan siswa supaya mendukung dan bekerjasama dengan baik selama pembelajaran online tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan dukungan pemerintah sekolah juga sudah menyediakan kuota data gratis, guru juga menghubungi anak – anak peserta didik secara aktif selama pembelajaran daring baik itu via telepon, SMS, dan whatsup setiap mata pelajarannya masing - masing.

Downloads

Published

2021-11-23

How to Cite

Herawati, Supriasih, E., Rohman, A., & Fathurrohman, A. (2021). Optimalisasi Peran Aktif Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA PGRI Betung Banyuasin. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 1(1), 50–59. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/7