Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik pada Materi Fisika Terhadap Pembelajaran Daring (Online) di SMA Sejahtera Palembang
Keywords:
analisis, motivasi, pembelajaran daring (online)Abstract
Motivasi belajar merupakan suatu penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik pada kegiatan belajar. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat bagaimana motivasi belajar peserta didik pada materi fisika terhadap pembelajaran daring (online) di SMA Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang mana data didapatkan melalui wawancara dan lembar angket. Data yang didapatkan dilanjutkan dengan menganalisis secara kualitatif. Hasil wawancara dari penelitian menunjukkan bahwasanya pada pembelajaran daring (online) ada sebagian peserta didik termotivasi dalam belajar dan ada juga tidak, dikarenakan terkadang peserta didik menyalah gunakan teknologi berupa smart phone ataupun komputer. Sehingga peserta didik tidak terlalu memfokuskan pada kegiatan belajar. Hasil penelitian juga didapatkan bahwa motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika yaitu 57,79% dengan kategori motivasi cukup. sebagian peserta didik menjawab indikator dari motivasi belajar peserta didik yaitu indikator senang bekerja mandiri dengan pernyataan saya senang belajar fisika pada pembelajaran daring (online) didapaatkan nilai hanya 33 %. Sehingga dapat dikatakan hanya ada beberapa peserta didik yang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran daring (online). Hal ini untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran daring (online) diperlukan seorang guru untuk melakukan kreatifitas dan mencari metode pembelajaran yang cocok digunakan pada saat pembelajaran daring (online), agar peserta didik merasa senang saat belajar dan tidak menyalah gunakan smart phone. Sehingga peserta didik akan merasa termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran daring (online) pada materi fisika.