Sosialisasi Pendidikan Inklusif BAI Mahasiswa PPG Prajabatan FKIP Universitas Lampung
Keywords:
Sekolah Dasar Inklusif, Pendidikan Inklusif, Proses Pembelajaran IndividuAbstract
The competence of educators is not only to teach academically but also to possess social competence in providing services for children with special needs (ABK) in inclusive schools. The goals and specific targets to be achieved from the Socialization of Inclusive Education in community service (PKM); Increased: 1) Understanding and knowledge of the concept of inclusive education, 2) Increased knowledge and attitudes towards inclusive education, 3) Improved skills in handling cases in schools that provide inclusive education. The methods used material delivery, conducting discussions and simulations, and conducting reflection and follow-up. Results (1) Understanding and knowledge increased to a very good category, (2) Attitude and case resolution in the implementation of inclusive education in elementary schools are categorized as very beneficial.
References
Amanullah, A. S. R. 2022. Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita, Down Syndrom Dan Autisme. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1- 14.
Budiyanto. 2017. Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Prenamedia Group .
Darma, I.P., dan Rusyid, B. 2013. Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Proseding Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Vol.2, No.2.
Efendi. 2008. Pengantar Psikopedogogik Anak berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fransyaigu, R., & Mudjiran, M. (2021). Pendidikan Inklusi Bagi Siswa Tunalaras di Kota Langsa. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2081-2088.
Garinda, Dadang. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Refika Aditama.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. UU No. 23 th 2002 tentang perlindungan anak. Jakarta. 2002.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Permendiknas No 34 th 2006 tentang pembinaan prestasi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa. Jakarta. 2006 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.
Ilahi, Mohammad Takdir. 2016. Pendidikan Inklusif Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Irvan, M., & Jauhari, M. N. (2018). Implementasi Pendidikan Inklusif Sebagai Perubahan Paradigma Pendidikan Di Indonesia. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 14(26), 175-187.
Kurniawati, L. (2017). Pembelajaran Pendidikan Inklusi pada Sekolah Dasar. EDUTECH, 16(2), 157-169.
Mudjito, dkk. 2012. Pendidikan Inklusif. Jakarta: Badouse Media.
Murniarti, E., & Anastasia, N. Z. (2016). Pendidikan Inklusif Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan, 9(1), 9-18.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70 Tahun 2009, Tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
Pemerintah Daerah Kota Metro. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah: RPJMD Kota Metro 2021 -2026. Pemda Kota Metro
Praptiningrum, N. (2010). Fenomena penyelenggaraan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 7(2).
Rahim A. 2016. Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi Dalam Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua.
Suyahman. 2015. Pendidikan untuk Semua Antara Harapan Dan Kenyataan (Studi Kasus Permasalahan Pendidikan di Indonesia). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
Syaiful Bahri 2022. Manajemen Pendidikan inklusif Sekolah Dasar. Edukasi Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol-4, No. 1
Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 2016; 3(1): 68-71
Undang-undang Dasar 1945 khususnya pasal 31 ayat 1 dan 2. Https:/UUD1945.com/Teks Undang-Undang Dasar 1945
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sowiyah Sowiyah, Nelly Astuti, Rapani Rapani, Hariyanto Hariyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.