Pendirian Pojok Baca Saraswati untuk Mendukung Pembangunan Kampung Literasi
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpmip.v4i1.1160Keywords:
Pojok Baca, Kampung Literasi, Saraswati, Rukti HarjoAbstract
The literacy rate in rural areas still lags behind that of urban regions. This condition is evident in Dusun VII of Rukti Harjo Village, Seputih Raman, Central Lampung. One of the indicators is the low level of community participation in reading books and accessing information independently. To support the development of Rukti Harjo Village as a literacy-oriented village, it is necessary to establish a reading corner as a facility to foster a reading culture. The establishment of reading corner aims to enhance community literacy and is carried out using the Participatory Action Research approach by involving all residents of Dusun VII as the main target. The activity consists of three stages: preparation, inauguration, and utilization of the reading corner. During the preparation stage, coordination was held with village officials, book donation drives were organized, and a nameplate and bookshelves were procured. The coordination process led to a mutual agreement to establish the reading corner under the name "Pojok Baca Saraswati," starting with a collection of 300 donated books. The inauguration stage was marked by the installation of the nameplate and a ribbon-cutting ceremony by the Village Head as a symbolic launch of the reading corner. Subsequently, the utilization stage includes joint reading activities, group discussions, and community empowerment programs based on literacy. All stages of the activity were conducted participatively with the involvement of local residents. The results of this initiative recommend improving facilities and book collections, as well as building networks and cross-sector collaborations to ensure the sustainability of the reading corner.
Tingkat melek huruf di wilayah pedesaan masih tertinggal dibandingkan dengan wilayah perkotaan. Kondisi ini terlihat di Dusun VII Kampung Rukti Harjo, Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah. Salah satu indikatornya adalah rendahnya partisipasi masyarakat dalam membaca buku dan mengakses informasi secara mandiri. Untuk mendukung pengembangan Kampung Rukti Harjo sebagai kampung literasi, dibutuhkan sarana yang mampu menumbuhkan budaya baca, salah satunya melalui pendirian pojok baca. Pendirian pojok baca ini bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat, dan dilaksanakan menggunakan pendekatan Participatory Action Research dengan melibatkan seluruh warga Dusun VII sebagai sasaran kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, peresmian, dan pemanfaatan pojok baca. Pada tahap persiapan, dilakukan koordinasi dengan aparat kampung, penggalangan donasi buku, dan pengadaan plang nama dan rak buku. Hasil koordinasi menghasilkan kesepakatan pendirian pojok baca dengan nama "Pojok Baca Saraswati", yang diawali dengan koleksi awal sebanyak 300 eksemplar buku hasil donasi. Tahap peresmian ditandai dengan pemasangan plang nama dan pengguntingan pita oleh Kepala Kampung sebagai simbolisasi dimulainya operasional pojok baca. Selanjutnya, tahap pemanfaatan dilakukan melalui kegiatan membaca bersama, diskusi kelompok, dan pemberdayaan masyarakat berbasis literasi. Seluruh tahapan kegiatan dilaksanakan secara partisipatif dengan melibatkan masyarakat setempat. Hasil kegiatan ini merekomendasikan perlunya peningkatan fasilitas dan koleksi bacaan, serta penguatan jejaring dan kolaborasi lintas sektor untuk keberlanjutan pojok baca.
References
Agustin, D. S. B. & Suharsono. (2025). Program Pengembangan Literasi Melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya. BAPALA, 12(1), 28-44.
Anggraeni, M. & Mukhlis, M. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 9(1), 313-325.
Anim, Sucipto, A., Dalimunthe, J., Hasibuan, M. A., Halimah, N., Fitri, Kania, G. F., Sitorus, R., Hasibuan, C. (2024). Pojok Baca: Sebagai Sarana Pengembangan Keterampilan Literasi dan Meningkatkan Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Sei Kepayang. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 4(2), 225-233.
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Indonesia: Conference Series Journal, 1(1), 1-12.
Anugrah, W. D., Saufa, A. F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93-98.
Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Tengah. (2023). Tingkat Melek Huruf di Wilayah Pedesaan Lampung Tengah. Retrieved from https://www.bps.go.id.
Coo, R. L., Qondias, D. ., Kaka, P. W., & Wau, M. P. (2024). Implementasi Pojok Baca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Studi Eksplorasi Gerakan Literasi Sekolah). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 385–392.
Dani, A., & Mu’aimanah, U. (2024). Optimalisasi Perpustakaan Desa untuk Meningkatkan Literasi Pendidikan di Desa Kreo Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(1), 185–192.
Dinata, K., Aditia, W., Habiburrahman, Palo, M. S. R., Safitri, N. H., Maulana, R. A., & Husnawati, S. A. (2024). Pendampingan Literasi Membaca Siswa Melalui Bimbingan Belajar Menggunakan Pojok Baca SDN 1 Suangi. Kreasi: Jurnal Inovasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 360-369.
Edo, A. & Yasin, M. (2024). Dampak Kesenjangan Akses Pendidikan dan Faktor Ekonomi Keluarga terhadap Mobilitas Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial, 2(3), 317-326.
Ermiana, I., Amin, F. M., Bimandry, M. A., Syafira, L. R., Niza Yunita, Fauzi, A., & Rahmatih, A. N. (2024). Pojok Baca Laskar Cendikia: Inovasi Literasi Masyarakat Desa Beririjarak. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 4(2), 95 - 100.
Faza, P. P., Nazilah, R., Aini, M., Ananta, R. D., Khotimah, N., Anggraini, A., & Putri, N. B. M. (2024). Pendirian Pojok Baca: Mewujudkan Budaya Literasi Berkelanjutan di SDN Purwodadi 1. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(6), 2233–2242.
Hanifah, E., Candika, C., Kusmiarti, R., & Manjato, A. (2022). Pengembangan Budaya Literasi melalui Pojok Baca di SMPN 55 Merangin, Jambi. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 694–704.
Hasibuan, M. P. H., Cantika, S. D., Hasiabuan, R. A., Nurfazriah, R. D., Damayanti, S., Sindi, Afriyani, N. R., Sari, W., Padillah, Maharani, Y. S., Sandriani, W., Nata, R., Syafrianto, R., Arizni, S., Prastialdi, R. T., Raihan, R., & Belasari, S. (2024). Menciptakan Ruang Literasi di SD Negeri 96/X Rantau Indah: Kontribusi Terhadap Tujuan SDGs. Diligente: Jurnal Advokasi dan Pengabdian. 1(1), 42-48.
Herwina, W., Sulistio, F., & Qomariah, D. N. (2021). Peran Komunitas Ngejah dalam Mensukseskan Program Literasi Melalui Taman Baca Masyarakat AIUEO. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi, 8(1), 91-96.
Hidayah, L. (2019). Revitalisasi Partisipasi Masyarakat Dalam Gerakan Literasi Nasional: Studi Pada Program Kampung Literasi. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 87–98.
Hidayat, R. T., Widayatmoko, & Setyanto, E. (2025). Edukasi Meningkatkan Akses Pendidikan Tinggi Melalui Literasi dan Sosialisasi KIP Bagi Masyarakat di Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Abdimas Galuh, 7(1), 847-854.
Jannah, M. (2025). Membangun Rumah Literasi di Desa: Menumbuhkan Budaya Membaca dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 1–10.
Jupon, R. M. & Nagara, E. S. (2024). Pojok Baca Sebagai Sarana Literasi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Ethics and Character Education, 2(2), 53-60.
Kabanga, T., Sari, P. W. & Oceanabel. (2025). Program Literasi Anak Sekolah Dasar: Membangun Keterampilan Membaca Dengan Partisipasi Masyarakat. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(8), 1245–1250.
Khairunnisa, A., Hidayat, A. S., Mulyana, A., Rahmawati, D. A., Fadhilah, Q. N. L., & Permanaludin, U. (2023). Pembentukan Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Kampung Bendungan Desa Sukaluyu. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(5), 163-173.
Kharima, N., Nurani, A. D., Mafajah, A. P. L., Khalaidah, A. K., Sumantri, F., & Ifriandar, S. (2024). Eksistensi Perpustakaan Desa dalam Menumbuhkan Kesadaran Literasi Masyarakat Desa Raharja. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh, 5(1), 98-110.
Khoirunnisa, A. R. & Sukartono. (2024). Pemanfaatan Pojok Baca Kreatif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas Atas SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2049-2056.
Kusumawardhany, I., Raharjo, T. J., Suminar, T., Avrilianda, D., & Subali, B. (2025). Implementasi Pojok Baca di Kelas dalam Mendukung Budaya Literasi: Tinjauan pada Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Educatio, 11(1). 30-37.
Lestari, A. T., Hajidah, I. H., Indra, A. A., Yusuf, M. S., & Perdana, P. R. (2024). Taman Baca Masyarakat Sebagai Pusat Literasi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Cipadang, Lebak-Banten. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 28-34.
Maulidiyah, A. & Roesminingsih, E. (2020). Layanan dan Fasilitas Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 389-400.
Nashihin, N., Siswadi, S., Musbihin, M., & Ishaq, Z. (2024) Pendampingan Pembuatan Pojok Baca terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di SDN Tenggulun Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Keris: Journal of Community Engagement, 4(2), 193-202.
Nuraini, Z., & Amaliyah, N. (2024). Peran Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2789-2800.
Munthe, I. R., Sari, N. F., Rambe, B. H., Ritonga, I. A., Aritonang, Y. B., Fauziah, R. (2024). Peningkatan Literasi Membaca Melalui Kolaborasi Guru, Orang Tua, dan Siswa di SD TPI Janji Rantauprapat. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi, dan Perubahan, 4(6), 5-14.
Pratama, M. P., Pakiding, Y., & Palangan, S. (2025). Edukasi dan Pendampingan Literasi Baca bagi Daerah dengan Akses Terbatas terhadap Perpustakaan. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 208-218.
Pulukadang, W. T., Monoarfa, F., & Aries, N. S. (2024). Program Kreatif untuk Menciptakan Masyarakat Literasi di Kawasan Pesisir Desa Potanga Kabupaten Boalemo. Journal of Human and Education, 4(6), 74–80.
Ramadhini, S., Barsihanor, B., Arifin, M. F., & Hafiz, A. (2020). Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa Melalui Budaya Literasi di SDIT Qurrata A’yun Kandangan. Maullimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 61-71.
Santari, D. N., Fikri, L. M. A., Sulastri, M., Dini, A. S., Anam, K., & Pratiwi, P. A. (2025). Peran Kepala Desa dalam Meningkatkan Literasi Masyarakat Melalui Program Membaca Desa (Studi di Desa Pengadang, Kab. Lombok Tengah, NTB). Journal of Social and Education, 1(2), 39-50.
Sa`diyah, H., Rizaldi, A., & Rodhiyah, A. (2023). Redesain Interior Ruang Baca Balai Dusun Sukoyuwono Sebagai Upaya Menarik Minat Baca Warga. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 923-929.
Setyawan, M. A., Riyadi, R., Wibowo, A. S., Wahyudi, N. A., Pujiono, I. P., & Prayogi, A. (2025). Kegiatan Donasi Buku Terhadap Anak-Anak Korban Bencana Banjir dan Longsor di Kabupaten Pekalongan Sebagai Upaya Pengabdian Masyarakat. J-Zhi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 9-15.
Syahravi, M. M., Prabowo, M. A., Maulana, M. R., Pitri, A., Ansoriyah, Y., Maulidi, D. B., Fadillah, J., & Hidayat, M. F. (2023). Pojok Baca Cahaya Ilmu Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Anak-anak di Desa Cimulang . Wisanggeni: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 191–200.
Utomo, M. D., Ismail, M., Sawaludin, & Sumardi, L. (2023). Pengembangan Digital Citizenship Melalui Pojok Baca Digital di Masyarakat Karang Bedil Kota Mataram. Jurnal Kewarganegaraan, 20(2), 179-190.
Wachidah, L. R. & Putikadyanto, A. P. A. (2024). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Literasi Bahasa Ramah Anak pada Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Spesial Edition: Araksa 1, 207-218.
Wahyuni, S. (2023). Peran Pojok Baca Anggrek Bulan dalam Menjadikan Padang Panjang sebagai Kota Literasi. Media Pustakawan, 30(3), 211–223.
Wasilah, G. A., Kuswana, D., & Ruhbani, F. (2024). Membangun Literasi: Inisiasi Taman Baca Masyarakat di Desa Jalancagak dalam Kegiatan KKN. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5(1), 1–15.
Wijaya, A. P., Riniarti, M., & Firduas, I. (2024). Kampung Literasi: Peningkatan Kemampuan Masyarakat dalam Mengelola Pojok Baca Saraswati. Jurnal SOLMA, 13(3), 2176-2190.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.