Pengembangan E-Modul Berbasis SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Resti Yevira Universitas Riau
  • Yustina Universitas Riau
  • Yennita Universitas Riau

Keywords:

Sains E-Modul, SETS, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Konteks penelitian ini adalah kelangkaan E-modul sebagai bahan pembelajaran. Adanya dikotomi antara IPA dan model pembelajaran yang berpusat pada guru yang identik dengan perkuliahan, masih terbatasnya penggunaan e-modul di sekolah dan hasil belajar yang belum memenuhi KKM, salah satunya tentang pencemaran lingkungan. Adapun tujuan dirancang E-modul IPA untuk kelas VII SMP ini diangtaranya adalah: (1) Terciptanya produk E-modul IPA. (2) Memahami kelayakan E-modul IPA berbasis SETS, dan (3) Memahami efisiensi penggunaan modul IPA berbasis SETS. E-modul IPA berbasis SETS adalah hasil akhir dari proyek ini. Materi cetak yang memuat spesifikasi modul sains siswa SMP kelas VII dijadikan sebagai bahan kajian. Sampel terdiri dari guru MGMP Siak dan siswa kelas VII SMP Nurul Furqon Siak. Dari segi materi, pembuatan E-Modul Sains berbasis SETS dapat dikatakan sangat praktis. Bahasa dan grafis presentasi yang sangat baik dapat disimpulkan bahwa modul yang dibuat sangat baik untuk digunakan dalam pendidikan sains. E-modul IPA berbasis SETS ini cara yang sangat baik untuk meningkatkan Kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa modul IPA berbasis SETS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan metode pengajaran tradisional.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Yevira, R., Yustina, & Yennita. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1). Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/311