Relevansi Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran pada Materi Sastra Buku Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Penerbit Erlangga

Authors

  • Edy Nugraha Universitas Prof. Dr. Hamka (Uhamka)
  • Abdul Azis Universitas Prof. Dr. Hamka (Uhamka)
  • Nini Ibrahim Universitas Prof. Dr. Hamka (Uhamka)

Keywords:

buku teks, capaian pembelajaran, kurikulum merdeka, tujuan pembelajaran

Abstract

Indonesia telah beberapa kali berganti kurikulum sejak kemerdekaan hingga sekarang. Dimulai pada tahun 1947 yaitu Kurikulum Rentjana Pembelajaran sampai dengan Kurikulum Merdeka. Buku teks merupakan pedoman bagi guru untuk memenuhi tujuan nasional kurikulum yang diturunkan melalui tujuan kurikuler. Perubahan Kurikulum Merdeka telah memberikan implikasi bagaimana menetapkan tujuan pembelajaran dari capaian pembelajaran dari setiap fase, dari A sampai F. Di dalam kurikulum 2013 sebelumnya, tujuan pembelajaran sudah jelas dengan adanya istilah kompetensi inti dan kompetensi dasar. Penelitian ini menggunakan analisis isi yang difokuskan pada relevansi Capaian Pembelajaran (CP) fase D dengan Tujuan Pembelajaran (TP) Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas 7 Penerbit Erlangga tahun 2022. Fokus dari penelitian ini adalah bab yang berkaitan di dalam buku teks yaitu bab 2 “Mewujudkan Imajinasi dengan Teks Dongeng Fantasi” dan bab 3 “Melestarikan Budaya Bangsa Melalui Puisi Rakyat”. Hasil penelitian ini adalah 5 TP relevan dengan capaian pembelajaran. Sejumlah 3 tujuan pembelajaran cukup relevan dengan CP.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Nugraha, E., Azis, A., & Ibrahim, N. (2023). Relevansi Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran pada Materi Sastra Buku Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Penerbit Erlangga. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1). Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/303