Pengalaman Frugal dalam Membangun Kreativitas Siswa
Keywords:
Pengalaman Frugal, Kreaticitas, Abad 21Abstract
Pengalaman belajar menjadi esensi penting dalam membangun pemahaman kognitif bagi pebelajar. Frugal merupakan salah satu komponen dari pengalaman belajar primer dalam menghadapi dinamika abad 21 yang menuntut pola kreativitas secara mumpuni. Ini didasarkan fakta bahwa dengan adanya frugal mampu membangun kreativitas melalui kebiasaan yang meminimalisir pengeluaran yang ada (hemat). Kajian ini berfokus pada konsep frugal sebagai bagian dari pengalaman belajar dalam membangun kreativitas pada abad 21 dengan menggunakan pendekatan naratif. Penulis mengelaborasi konsep-konsep maupun temuan-temuan dari frugal yang dikaitkan dengan kreativitas. Terungkap bahwa frugal mampu membangun kreativitas, dikarenakan konsep ini membangun kontekstualisasi pemikiran dari siswa dengan sumber-sumber yang seadanya. Ini penting untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam abad 21.