Systematic Literature Review: Konseptualisasi Strategi Pengembangan Kurikulum

Authors

  • Alfan Thoriq Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

Strategi Pengembangan Kurikulum, Systematic Literature Review, Konseptualisasi Kurikulum

Abstract

Kurikulum memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan sehingga diperlukannya suatu strategi dalam mengembangkan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kosenptualisasi strategi dalam mengembangkan kurikulum. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian systematic literatur review. Pengambilan data dilakukan dengan mencari literatur yang relevan terkait pengembangan kurikulum. Temuan penelitian ini memiliki komponen perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Masing-masing komponen ini kemudian dituangkan dalam beberapa bagian yakni sebagai berikut: 1) Perencanaan memiliki indikator : a) komponen pembelajaran, b) kemitraan guru dan orang tua, dan c) pengembangan kompetensi guru, 2) Implentasi memiliki indikator : a) keselarasan, b) informasi teknologi, dan c) supervisi, dan 3) Evaluasi memiliki indikator : a) follow up, b) validasi instrumen, dan c) standar keberhasilan.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Thoriq, A. (2023). Systematic Literature Review: Konseptualisasi Strategi Pengembangan Kurikulum. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1). Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/265