Konsep Pendidikan Humanis dalam Perspektif Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)

Authors

  • Kadar Risman Universitas Muhammadiyah Buton
  • Asman Universitas Muhammadiyah Kendari

Keywords:

Konsep, Pendidikan Islam Humanis, IMM

Abstract

Selama ini, pendidkan humanis masih terlalu normative. Sehingga dalam penerapan konsepnya masih dalam tataran proses memanusiakan manusia. penelitian ini bertujuan melengkapi kekurangan terhadap penafsiran konsep pendidikan humanis yang telah ada. Pada realitasnya, peserta didik masih bingung apa yang harus dilakukannya dengan konsep pendidikan humanis. Metode penelitian ini menggunakan libarary research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan sekunder dengan tehnik analisis data dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah dengan conten analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima konsep pendidikan humanis oleh IMM. Pertama ialah menjaga ketertiban dan keamanan Bumi. Kedua, menjaga keberlangsungan hidup manusia alam dan manusia lainnya di bumi. Ketiga, Humanitas yang ada dijadikan sebagai control sosial terhadap kebijakan. Keempat, Ikut merasakan kesusahan atas manusia yang lainnya. Dan kelima, menjadi gerakan tolong menolong.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Risman, K., & Asman. (2023). Konsep Pendidikan Humanis dalam Perspektif Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1). Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/264