Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPaCK) Guru Matematika Menggunakan Media Hologram 3D

Authors

  • Andi Kaharuddin Universitas Negeri Makassar
  • Nurdin Arsyad Universitas Negeri Makassar
  • Asdar Universitas Negeri Makassar

Keywords:

TPaCK, 3D Hologram Media

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPaCK) guru matematika menggunakan media hologram 3D dalam pembelajaran topik geometri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 orang guru matematika yang dipilih berdasarkan hasil penilaian diri guru. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa lembar angket, lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yang baik. Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPaCK) guru mengalami peningkatan berdasarkan kemampuan awal. Pada awal penggunaan media guru masih kebingungan yang terlihat dari hasil observasi kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPaCK) guru berada pada kategori kurang, akan tetapi pada pertemuan berikutnya mengalami peningkatan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada cara paling efektif untuk mengukur tingkat kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPaCK) guru. Namun, sebagai alternatif dapat menggunakan media hologram 3D.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Kaharuddin, A., Arsyad, N., & Asdar. (2023). Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPaCK) Guru Matematika Menggunakan Media Hologram 3D. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1). Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/214