PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PENJAS BERBASIS KARAKTER BAGI GURU PENJAS DI KECAMATAN RAJA BASA KOTA BANDAR LAMPUNG

Penulis

  • Joan Siswoyo
  • Lungit Wicaksono Universitas Lampung
  • Heru Sulistianta Universitas Lampung

Kata Kunci:

Characters, Models, Penjasorkes

Abstrak

Masalah yang akan dipecahkan pada PkM ini adalah: (1) Pengetahuan dan pemahaman para guru penjasorkes terhadap model pembelajaran penjasorkes yang berbasis karakter., (2) Perasaan dan tindakan yang berkarakter bagi murid di sekolah dasar melalui penerapan pembelajaran penjasorkes berbasis karakter oleh guru, (3) Kesadaran moral dan etika para murid dalam aktivitas yang dilakukan di sekolah dan di masyarakat. Metode yang digunakan adalah: (1) Materi yang pertama diberikan kepada mitra dengan memberikan materi kelas dengan memakai metode ceramah, (2) Terjadinya peningkatan pemahaman antara sebelum diberikan pelatihan dengan sesudah pelatihan, (3) Dan yang terakhir dilakukan diskusi yaitu melaksanakan diskusi pada penyampaian materi maupun praktik lapangan.. Hasil yang dicapai adalah (1) Kegiatan pelatihan ini dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar, (2) mitra memiliki keterampilan untuk merancang dan menjahit aksesoris, (3) Model Pembelajaran penjasorkes berbasis karakter merupakan salah satu pilar yang harus dilakukan oleh guru-guru penjasorkes melalui RPP nya sehingga murid implementasinya kepada murid dapat terwujud, (4 Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru penjasorkes khususunya di kecamatan Mariso, dan (5) Disarankan agar guru-guru lainnya dan juga kepala sekolah diberikan pelatihan tentang pengembangan karakter seperti ini juga.

 

The problems that will be solved in this PkM are: (1) Physical education teachers' knowledge and understanding of the character-based physical education learning model, (2) Character-based feelings and actions for students in elementary schools through the implementation of character-based physical education learning by teachers, (3) Moral and ethical awareness students in activities carried out at school and in the community. The method used is: (1) The first material is given to partners by providing class material using the lecture method, (2) There is an increase in understanding between before the training is given and after the training, (3) And finally there is a discussion, namely carrying out a discussion on the delivery. material and field practice.. The results achieved are (1) This training activity can be carried out well, safely and smoothly, (2) partners have the skills to design and sew accessories, (3) The character- based physical education learning model is one of the pillars that must be carried out by Physical Education teachers through their RPP so that its implementation for students can be realized, (4 This activity is very useful for Physical Education teachers, especially in Mariso sub-district, and (5) It is recommended that other teachers and also school principals be given training about character development like this too.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-14

Cara Mengutip

Siswoyo, J., Wicaksono, L., & Sulistianta, H. (2024). PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PENJAS BERBASIS KARAKTER BAGI GURU PENJAS DI KECAMATAN RAJA BASA KOTA BANDAR LAMPUNG . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Education, Language, and Arts (ELA), 3(1), 44–50. Diambil dari http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ela/article/view/581