Manajemen Digital Marketing: Membekali Kepala Sekolah dalam Menghadapi Tantangan Era Digital 4.0

Penulis

  • Irfan Fatkhurohman Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Wildan Aji Saputra Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Kata Kunci:

Digital Management 4.0, School Principal, Digital Age

Abstrak

Management Digital 4.0 brings a number of unique challenges for school principals. It is no longer just about ensuring operational efficiencies, but also about building a responsive and digitally connected learning community. Technological developments are becoming commonplace and have great influence on society. The digital era 4.0 has a real One example is in the field of education.   As a result, it requires leadership that can adapt and capitalize on the development of this technology. At the school level, a principal is one of the most important components in driving the important component in moving the wheels of education at school. Therefore, a principalneeds to strategize in the face of changes in this Industrial Revolution 4.0. Article This article concludes that the challenges and opportunities in the era of digital transformation must be faced and filled by competitive leaders in the transformation era must absolutely be faced and filled by competitive leaders in the digital era. the digital era, especially today's school principals are required to transform in the era of the Industrial Revolution 4.0.

 

Manajemen Digital 4.0 membawa sejumlah tantangan unik bagi kepala sekolah. Ini tidak lagi hanya tentang memastikan efisiensi operasional, tetapi juga tentang membangun komunitas pembelajaran yang responsif dan terhubung secara digital. Perkembangan teknologi menjadi sesuatu yang umum dan memiliki pengaruh besar pada masyarakat. Era digital 4.0 memiliki pengaruh yang nyata pada kehidupan manusia salah satu contohnya adalah dalam bidang pendidikan. Akibatnya, dibutuhkan  kepemimpinan  yang  dapat  beradaptasi   dan   memanfaatkan   dari perkembangan teknologi ini. Dalam tingkat sekolah, seorang kepala sekolah menjadi salah satu komponen penting dalam  menggerakan  roda  Pendidikan  di  sekolahan.  Oleh karena itu, seorang kepala sekolah perlu menyusun strategi dalam menghadapi perubahan Revolusi Industri 4.0 ini. Artikel ini menghasilkan kesimpulan bahwa tantangan dan peluang di era transformasi digital mutlak harus dihadapi dan diisi oleh para pemimpin yang kompetitifdi era digital, khususnya kepala sekolah hari ini adalah harus melakukan transformasi di era Revolusi Industri 4.0.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-13

Cara Mengutip

Fatkhurohman, I., & Saputra , W. A. . (2024). Manajemen Digital Marketing: Membekali Kepala Sekolah dalam Menghadapi Tantangan Era Digital 4.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Education, Language, and Arts (ELA), 3(1), 30–38. Diambil dari http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ela/article/view/562