Pengembangan E-LKPD Berbantuan PhET Simulation Berbasis Problem Based Learning untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis

Authors

  • Fitri Nur Hidayah Universitas Lampung
  • Dimas Permadi Universitas Lampung

Keywords:

berpikir kritis, E-worksheet, PBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-worksheet berbasis PBL yang valid, praktis, dan efektif pada materi pemanasan global. E-worksheet dikembangkan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. E-LKPD dibuat menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate. Penelitian ini menggunakan Design & Development Research (DDR) dengan empat tahapan DDR yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Hasil validasi produk yang dilakukan secara ahli sebelumnya memiliki kategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,43. Lembar kerja elektronik PBL berbantuan simulasi PhET untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, secara praktis digunakan sebagai bahan ajar topik pemanasan global untuk siswa semester XI genap berdasarkan penilaian yang diperoleh dari tes keterbacaan, tes respon guru, dan tes respon siswa dengan persentase 78 %. Lembar kerja elektronik berbasis PBL berbantuan simulasi PhET untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis efektif digunakan sebagai bahan ajar karena berdasarkan hasil pretest dan posttest dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan kategori N-Gain rendah dengan skor adalah 0,22.

 

Published

2023-11-05

How to Cite

Hidayah, F. N., & Permadi, D. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbantuan PhET Simulation Berbasis Problem Based Learning untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 3(1), 138–150. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/369