Studi Empiris Pengaruh Perhatian Orangtua, Kebiasaan Membaca, Motivasi Belajar dan Kreativitas Terhadap Literasi Sains

Authors

  • Ade Mayasari Universitas Negeri Padang
  • Usmeldi Universitas Negeri Padang

Keywords:

IPA, literasi sains, sekolah menengah pertama, SEM-PLS

Abstract

Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan siswa dalam menghadapi tantangan Abad 21. Namun hasil PISA menunjukkan bahwa literasi sains siswa Indonesia masih rendah. Untuk mengatasi hal ini dicari factor apa saja yang mempengaruhi literasi sains siswa. Penelitian ini adalah studi empiris untuk mengetahui efek empat variabel terhadap literasi sains, yakni kebiasaan membaca, motivasi belajar, perhatian orangtua, dan kreativitas siswa SMP se-Kota Padang menggunakan analisis data SEM-PLS melalui aplikasi SmartPLS 3.0. Dari analisis data didapatkan bahwa perhatian orangtua memberikan efek besar terhadap kebiasaan membaca, motivasi belajar dan kreativitas, kebiasaan membaca memberikan efek sedang terhadap literasi sains, motivasi belajar memberikan efek sedang terhadap literasi sains, serta kreativitas memberikan efek sedang terhadap literasi sains. Signifikansi prediksi model diuji menggunakan uji q2 didapatkan bahwa kebiasaan membaca memiliki kekuatan signifikansi sedang, motivasi belajar memiliki kekuatan besar, kreativitas memiliki kekuatan lemah, serta literasi sains memiliki kekuatan sedang. Pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien jalur, dengan signifikansi 5% dimana jika nilai p>1,96 maka hipotesis diterima dan signifikan. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa dari enam hipotesis yang diajukan, seluruh hipotesis diterima sesuai dengan indicator yang telah ditetapkan.

Published

2023-11-05

How to Cite

Mayasari, A., & Usmeldi. (2023). Studi Empiris Pengaruh Perhatian Orangtua, Kebiasaan Membaca, Motivasi Belajar dan Kreativitas Terhadap Literasi Sains. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 3(1), 94–106. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/351