Observasi Penggunaan Alat Praktikum Rangkaian Baterai Sekunder dalam Menstimulus Keterampilan Proses Sains Siswa

Authors

  • Anis Tasyani Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Universitas Lampung

Keywords:

alat praktikum, baterai sekunder, keterampilan proses sains

Abstract

Penerapan keterampilan proses sains pada diri siswa penting untuk dilakukan, dikarnakan masih banyak siswa yang hanya memiliki pengetahuan tentang suatu konsep, tanpa mengetahui cara menemukan konsep maupun mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya. Keterampilan proses sains perlu diterapkan pada diri siswa untuk mengembangkan pemahaman dan kemampuan dalam memanfaatkan maupun mengidentifikasi bukti sains untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Keterampilan proses dapat dikembangkan dengan memberikan pengalaman langsung kepada siswa melalui kegiatan praktikum atau eksperimen. Namun, salah satu kendala dalam pelaksanaan kegiatan praktikum yaitu ketersediaan alat dan bahan praktikum yang terbatas, sehingga memerlukan media pembelajaran dalam membantu siswa melaksanakan kegiatan praktikum. Salah satu alternatif untuk tercapainya keterampilan proses siswa secara maksimal adalah dengan adanya media pembelajaran, seperti alat praktikum. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket observasi keterampilan proses sains dan sistem penskoran menggunakan skala likert yang terdiri dari 17 pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi penggunaan alat praktikum rangkaian baterai sekunder dalam menstimulus keterampilan proses sains siswa.

Published

2023-11-05

How to Cite

Tasyani, A. (2023). Observasi Penggunaan Alat Praktikum Rangkaian Baterai Sekunder dalam Menstimulus Keterampilan Proses Sains Siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 3(1), 46–53. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/346