Persepsi Mahasiswa Pendidikan Fisika pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Implementasi Keterampilan Abad 21

Authors

  • M. Agis Ardiansyah Universitas Syiah Kuala
  • Nurulwati Universitas Syiah Kuala
  • Agus Wahyuni
  • Mawarni Saputri

Keywords:

implementasi, keterampilan abad 21, MBKM

Abstract

Keterampilan abad ke-21 memiliki peran penting dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks di era saat ini. Menteri Pendidikan mendorong mahasiswa MBKM untuk memiliki pemahaman mendalam tentang keterampilan abad ke-21 dan mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, sebelum mereka ditempatkan ke setiap sekolah, mahasiswa perlu memahami dengan baik keterampilan abad 21 agar dapat diimplementasikan secara efektif di lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pandangan mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika yang mengikuti program mengajar MBKM mengenai implementasi keterampilan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan angket dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Sebanyak 58 mahasiswa menjadi sampel dalam penelitian ini, di mana 10 di antaranya dipilih untuk diwawancarai secara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase akhir dari setiap aspek sub-indikator keterampilan abad 21 dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FKIP USK yang mengikuti program MBKM terhadap implementasi keterampilan abad ke-21 sangat positif, dengan tingkat persetujuan mencapai 81,5%. Hal ini mengindikasikan bahwa mahasiswa merasa sangat setuju dalam mengaplikasikan keterampilan abad ke-21 saat mereka terlibat dalam proses pembelajaran.

Published

2023-11-05

How to Cite

Ardiansyah, M. A., Nurulwati, Wahyuni, A., & Saputri, M. (2023). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Fisika pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Implementasi Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 3(1), 11–21. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/257