Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem en-US seminarpendidikanfkipunila@gmail.com (Panitia Seminar) nurain.suryadinata@fkip.unila.ac.id (Nurain Suryadinata) Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Stimulasi Bermain untuk Mengoptimalkan Perkembangan Sosial di RA Al Anshori http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/947 <p>Penelitian ini secara mendalam menelaah upaya RA Al Anshori dalam menerapkan program stimulasi bermain untuk menunjang perkembangan sosial anak usia dini. Mengingat pentingnya perkembangan sosial di usia dini sebagai landasan pembentukan karakter, kemampuan interaksi, dan adaptasi sosial, implementasi program stimulasi bermain yang terarah menjadi esensial. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan memaparkan upaya-upaya tersebut, mengidentifikasi model stimulasi bermain, menganalisis faktor pendukung dan penghambat, serta merumuskan implikasi praktis bagi peningkatan mutu pendidikan anak usia dini. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif guru dalam memfasilitasi dan membimbing kegiatan bermain, variasi permainan yang sesuai dengan minat dan tahap perkembangan anak (mulai dari sensorimotor hingga konstruktif), serta dukungan dan partisipasi aktif orang tua di rumah, merupakan faktor kunci keberhasilan program. Kendala yang ditemukan meliputi keterbatasan sumber daya dan sarana prasarana, serta kurangnya pemahaman sebagian orang tua tentang pentingnya stimulasi bermain. Penelitian menyimpulkan bahwa stimulasi bermain adalah pendekatan holistik dan efektif yang dapat disesuaikan dengan konteks dan sumber daya lokal RA Al Anshori. Temuan ini mengimplikasikan perlunya peningkatan kapasitas guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan stimulasi bermain berkualitas, serta peningkatan sosialisasi dan edukasi kepada orang tua mengenai peran penting mereka dalam mendukung perkembangan sosial anak di rumah. Penelitian ini diharapkan berkontribusi bagi pengembangan program stimulasi bermain yang lebih efektif dan berkelanjutan di RA Al Anshori dan lembaga PAUD lainnya, demi terwujudnya generasi penerus yang berkualitas dan berkarakter.</p> Muna Nazihah, Rika Purnamasari Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/947 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Challenges and Opportunities of STEAM-based Learning in Pancasila Education: A Case Study at SDN 1 Bunulrejo Malang http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/951 <p><em>Pancasila Education is an important subject in elementary school. Some previous research shows that Pancasila Education learning in elementary schools is less attractive to students. One of the innovative approaches that is relevant to be used in learning Pancasila Education is STEAM. This study aims to explore the planning, implementation, evaluation, and factors influencing the implementation of STEAM-based Pancasila Education learning. This case study was conducted at SDN 1 Bunulrejo, Malang—one of the primary schools that prioritizes technology-based learning and STEAM implementation. Data were collected using semi-structured interviews, non-participant observation, and document analysis. Data analysis used thematic analysis. The findings show that integrating STEAM in Pancasila Education contributes to holistic learner character building and makes learning more effective and efficient.</em></p> Helga Salsabila, Sabrina Azzahro, Sigit Priatmoko, Wiku Aji Sugiri, Rizki Amelia Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/951 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Membangun Karakter Anak Melalui Homeschooling Berbasis Agama Islam http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/952 <p>Homeschooling berbasis Islam bermanfaat untuk membangun karakter anak dengan menanamkan nilai-nilai moral dan etika Islam sejak dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan penjelasan dan gambaran yang mendalam terkait upaya membangun karakter anak melalui homeschooling berbasis agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memahami cara membangun nilai-nilai karakter Islami pada anak, (2) meningkatkan keterampilan anak, dan (3) mendorong kemandirian serta tanggung jawab pada anak. Tujuan utama pendidikan adalah mengembangkan seluruh potensi individu dalam mempersiapkan karakternya untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Tiga pusat utama pendidikan adalah keluarga, sekolah, dan masyarakat, dengan konsep “jalur pendidikan” menggantikan rumusan Ki Hajar Dewantara. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian&nbsp; menunjukan bahwa pendidik untuk melaksanakan pengajaran homeschooling memerlukan silabus yang dirancang sebelum pembelajaran dilakukan. Di samping merancang pembelajaran, pendidik melakukan beberapa strategi dan kurikulum yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, tantangan yang dihadapi oleh pendidik meliputi dalam pembelajaran yang harus ekstra sabar dikarenakan anak masih dalam dikategorikan otak bermain sehingga metode dan media nya harus sambil dibarengi dengan bermain.</p> Tiara Putri Andini, Eva Nazzila Salsabila, Denden Ferdian, Fikri Muhamad Latif, Nenden Munawaroh Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/952 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Literatur Review: Pembelajaran berbasis Discovery Learning bermuatan Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/953 <p>Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kompetensi utama yang dibutuhkan di era abad ke-21, terutama dalam menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0. Pembelajaran berbasis Discovery Learning diyakini mampu mendukung pengembangan kemampuan ini karena menekankan pada eksplorasi aktif, investigasi, dan refleksi oleh siswa. Namun, implementasinya di Indonesia masih menghadapi tantangan, terutama dalam menyediakan konteks pembelajaran yang bermakna dan relevan. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah integrasi etnosains ke dalam Discovery Learning. Etnosains, yang menggali nilai-nilai kearifan lokal dan budaya, dapat membuat pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan Discovery Learning dengan muatan etnosains dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Artikel yang dianalisis dipilih dari rentang waktu 2018–2024 berdasarkan kriteria relevansi dengan topik. Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1) Integrasi etnosains dalam Discovery Learning memperkaya konteks pembelajaran sehingga lebih relevan dengan kehidupan siswa, 2) Model ini efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa 3) Desain pembelajaran Discovery Learning bermuatan etnosains disusun dan diimplementasikan melalui perangkat pembelajaran. 4) Tantangan implementasi terutama terkait persiapan perangkat pembelajaran dan pelatihan guru. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan berbasis budaya dalam pendidikan untuk mendukung pembelajaran yang bermakna dan kontekstual.</p> Dita Mey Rahmah, Sri Yamtinah, Mohammad Masykuri Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/953 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Stimulasi Bermain Puzzle untuk Mengembangkan Perkembangan Kognitif di TK. Madinatul Ilmi http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/955 <p>Penelitian ini waktu yang sangat penting dalam perkembangan kognitif untuk anak, dan bertujuan untuk mengeksplorasi potensi permainan puzzle sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di TK Madinatul Ilmi. Masa usia dini adalah Rentang permainan puzzle dapat merangsang keterampilan berpikir logis, pengenalan bentuk, serta kemampuan memecahkan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik studi lapangan, yang mencakup wawancara mendalam dengan guru, observasi partisipatif terhadap kegiatan bermain anak, serta pencatatan anekdot dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan puzzle sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan kognitif anak, termasuk dalam hal koordinasi mata dan tangan, kemampuan berpikir logis, serta kesabaran. Selain itu, penggunaan puzzle juga memfasilitasi interaksi sosial antar anak dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Tantangan yang dihadapi dalam implementasi permainan puzzle meliputi keterbatasan waktu dan dukungan orang tua yang masih perlu ditingkatkan. Secara keseluruhan, permainan puzzle terbukti sebagai alat yang berpengaruh dalam mendukung perkembangan kognitif anak usia dini di TK Madinatul Ilmi.</p> Lisda Nurhasanah, Rika Purnamasari Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/955 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Peran Regulasi Emosi Terhadap Kontrol Diri pada Anak yang Mengalami Fatherless http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/956 <p>Fenomena <em>fatherless</em> merupakan salah satu hal krusial yang terjadi di Indonesia yang dipengaruhi oleh budaya lokal sehingga menciptakan paradigma terhadap pengasuhan anak. Stereotip budaya ini menempatkan bahwa laki-laki tidak perlu terlibat dalam pengasuhan anak. Tidak sedikit keluarga di Indonesia masih didominasi dengan budaya patriarki, dimana ibu sebagai peran utama dalam mengerjakan tugas domestik. Akibatnya, peran ayah menjadi kurang diutamakan, sehingga tanpa disadari, tugas mengasuh, memelihara, serta mendidik anak seringkali dipandang sebagai tanggung jawab ibu semata, padahal kehadiran sosok ayah sangatlah penting. Isu <em>fatherless</em> ini jarang dibicarakan, bahkan hampir tidak terlihat. Namun, dampaknya begitu nyata dalam fase perkembangan anak. Ketiadaan peran ayah dalam fase perkembangan anak akan berdampak secara signifikan terhadap perkembangan psikologis dan emosional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peran regulasi emosi terhadap kontrol diri pada anak yang mengalami <em>fatherless</em> dengan metode penelitian studi literatur dengan mengumpulkan data pustaka yang kemudian dianalisis. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan regulasi emosi sangat berperan terhadap kontrol diri pada anak yang mengalami <em>fatherless</em>.</p> Nabeela Lintang Kurnia Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/956 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/957 <p>Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam proses pembelajaran di sekolah. Penerapan teknologi bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran serta membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Guru memiliki peran penting dalam mengintegrasikan teknologi dengan pendekatan pedagogis yang sesuai. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur untuk menganalisis berbagai sumber terpercaya terkait pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di sekolah. Kajian ini mencakup aspek pemanfaatan teknologi, hakikat media pembelajaran, peran media berbasis teknologi, serta tantangan dalam implementasinya. Hasil kajian menunjukkan bahwa teknologi pendidikan berfungsi sebagai alat bantu dalam penyampaian materi secara lebih visual, interaktif, dan adaptif, meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa. Teknologi juga memungkinkan personalisasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu. Selain itu, media berbasis teknologi berperan sebagai penyalur dan penyedia informasi yang memperjelas konsep abstrak. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital, keterbatasan infrastruktur, dan kurangnya kompetensi guru masih menjadi hambatan. Diperlukan dukungan dari berbagai pihak guna mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Dengan perencanaan yang tepat, teknologi dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menghadapi tantangan global di era digital.</p> Rahmadina Dalimunthe, Fauziyah Harahap, Zulkifli Matondang, Erfiani Humairah Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/957 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Pola Pengasuhan Strict Parents oleh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Generasi Alpha http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/958 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola pengasuhan ketat (strict parenting) oleh orang tua terhadap pembentukan karakter anak generasi Alpha. Dalam era digital yang ditandai dengan akses informasi yang melimpah, pola asuh yang ketat sering kali membatasi eksplorasi dan kreativitas anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap anak-anak dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan ketat dapat menghasilkan anak-anak yang disiplin dan patuh, namun juga berisiko menimbulkan kecemasan, rendahnya kepercayaan diri, dan keterampilan sosial yang terbatas. Selain itu, anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang sangat terstruktur cenderung mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan situasi sosial yang tidak terduga. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan pengasuhan yang seimbang, di mana orang tua memberikan batasan yang jelas sambil tetap memberikan ruang bagi anak untuk bereksplorasi dan mengembangkan kreativitas. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi orang tua, pendidik, dan pembuat kebijakan dalam mendukung perkembangan karakter anak secara holistik di era yang terus berubah ini.</p> Wildatul Husniah Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/958 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Gambaran Kopetensi Pedagogik dalam Menguasai Penggunaan Media Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Al – Fikri http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/963 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kompetensi pedagogik guru dalam penggunaan media pembelajaran bagi anak usia dini di RA Al-Fikri. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu aspek krusial yang harus dimiliki oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif, menarik, serta sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Meskipun media pembelajaran di RA Al-Fikri masih sederhana, namun guru telah berhasil menggunakan berbagai jenis media seperti video, gambar dan bahan alam untuk mendukung proses pembelajaran. Selain itu, ketersediaan media,keterampilan guru, dan pemahaman terhadap kebutuhan anak menjadi penentu signifikan dalam keberhasilan pemanfaatan media tersebut. Para guru juga diharapkan untuk terus meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan dan penerapan inovasi. Penelitian ini memberikan wawasan yang penting mengenai signifikansi penguasaan media pembelajaran oleh guru PAUD dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.</p> Siti Mar’atus Solihat, Rika Purnamasari Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/963 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Inovasi Media Pembelajaran Mengenal Lingkungan untuk Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Video Visual di TKIT Al Mahira http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/965 <p>Inovasi media pembelajaran mengenal lingkungan untuk anak usia 5-6 tahun melalui video visual bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran anak terhadap lingkungan sekitar. Dalam era digital saat ini, penggunaan video sebagai alat bantu pembelajaran menawarkan pendekatan yang menarik dan interaktif. Penelitian ini mengembangkan&nbsp; serangkaian video edukatif yang menyajikan informasi mengenai elemen-elemen lingkungan, seperti flora, fauna, dan ekosistem dengan cara yang mudah dipahami oleh anak-anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran mengenal lingkungan untuk anak usia 5-6 tahun melalui video visual di TKIT Al Mahira. Selain itu untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam penggunaan media pembelajaran.&nbsp; Hasil dari penerapan media ini menunjukan peningkatan signifikan dalam pengetahuan anak tentang lingkungan, serta kemampuan mereka untuk mengidentifikasi dan menghargai keberagaman alam. Dengan demikian inovasi ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pemgembangan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak usia dini.</p> Eka Pratiwi Putri Suhanda, Nia Nuraeni, Rika Purnamasari Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/965 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Pengasuhan dan Perkembangan Anak: Peranan Pengasuhan Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Tahap Operasional Konkret (Usia 7-11 Tahun) http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/968 <p>Orang tua adalah orang pertama yang membentuk kepribadian dalam kehidupan anak yang harus memberikan teladan yang baik. Pola asuh orang tua memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan kognitif anak terutama pada tahap operasional konkret usia (7-11 tahun). Perkembangan kognitif merupakan bagian dari fase perkembangan karakteristik manusia yang penting untuk dipelajari. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, di mana peneliti mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber tertulis yang relevan, seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan peranan pola asuh yang ideal adalah pola asuh demokratis, dimana orang tua tidak hanya menerapkan tuntutan (demanding) yang tinggi tetapi juga memberi tanggapan (responsiveness) yang tinggi terhadap anak. Pola asuh demokratis atau otoritatif tersebut memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak.</p> Hana Amalia, Syafiya Putri Azira Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/968 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Implementasi Metode Bermain Peran untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia 4-5 Tahun di KB Arraudoh http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/969 <p>Penelitian ini mengkaji implementasi metode bermain peran untuk mengembangkan kemampuan komunikasi anak usia 4-5 tahun di KB ARRAUDOH. Tujuannya adalah untuk mengetahui keterampilan komunikasi anak dan menggali faktor serta keunggulan metode bermain peran.Komunikasi penting bagi anak usia 4-5 tahun sebagai cara mengungkapkan perasaan dan gagasan. Keterampilan ini perlu distimulasi sejak dini, salah satunya melalui metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran di KB ARRAUDOH memberikan dampak positif pada perkembangan komunikasi anak. Anak mampu berkomunikasi dengan baik, berpartisipasi aktif dalam kegiatan, bersosialisasi dengan baik, dan menunjukkan rasa peduli.Terdapat faktor penghambat seperti kurangnya ruang dan kondisi anak yang kurang percaya diri, namun guru berhasil mengatasinya dengan dukungan emosional dan interaktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain peran adalah strategi yang relevan dalam pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan komunikasi.</p> Salma Wahdatusyahiroh, Rika Purnamasari Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/969 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Teknik Konseling Storytelling Anak Berkebutuhan Khusus: Systematic Literature Review http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/970 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan tinjauan pustaka mengenai tren penelitian <em>storytelling</em>, konsep utama dalam kajian literatur <em>storytelling, </em>serta hubungan antar topik dalam literatur konseling <em>storytelling </em>yang sering diterapkan. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah <em>Systematic Literature Review </em>yang menggunakan 33 artikel ilmiah&nbsp; bersumber dari <em>database Scopus</em>. Review artikel menggunakan aplikasi Vosviewer yang terfokus pada keterkaitan hasil penelitian satu dengan yang lainnya. Kemudian data temporal yang diolah sesuai dengan hasil penelitian terdahulu. Dan yang terakhir yaitu berkaitan dengan dominan literatur yang dikaji oleh peneliti. Hasil penelitian mengungkapkan teknik konseling <em>storytelling </em>terbukti efektif dan relevan dalam mendukung perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak berkebutuhan khusus, dengan tren penelitian yang semakin konsisten sejak 2016. Meski perhatian terhadap topik ini fluktuatif, <em>storytelling </em>memiliki potensi besar sebagai metode konseling yang fleksibel dan adaptif sehingga hasil penelitian ini berkontribusi pada pengembangan roadmap penelitian tentang teknik konseling yang sesuai untuk anak berkebutuhan khusus. Keterbatasan penelitian ini adalah artikel yang digunakan hanya bersumber dari database <em>Scopus </em>sehingga temuan penelitian tidak dapat menggambarkan secara komprehensif tentang teknik konseling <em>storytelling </em>dan anak berkebutuhan khusus di seluruh Dunia. Penelitian berikutnya perlu menggunakan artikel ilmiah yang bersumber <em>database</em> internasional bereputasi seperti <em>Web of Science</em> dan <em>Dimensionds Scholars</em>.</p> Muhammad Ubaidillah, Ratna Tri Utami Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/970 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPAS Materi Siklus Hidup Hewan di Kelas III SDK Waiara http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/973 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS materi siklus hidup hewan pada siswa kelas III SDK Waiara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif pre-experimental dengan menggunakan rancangan one-group pretest-posttest design. Dilakukan terhadap satu kelompok tanpa adanya kelompok kontrol atau pembanding. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 orang siswa kelas III SDK Waiara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, data pretest-posttest, dan uji hipotesis. Dari masing-masing hasil yang diperoleh menunjukan bahwa adanya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS materi siklus hidup hewan pada siswa kelas III SDK Waiara dengan diperoleh nilai rata-rata pretest siswa = 43, 84 dan pada posttest = 70,76 Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media video pembelajaran. Berdasarkan tabel output hasil uji t , diperoleh nilai signifikansi 0.001 &lt; 0.05 yang artinya H0 ditolak dan H1 Diterima. Dengan begitu layak dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas III SDK Waiara.</p> Lukas Bera Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/973 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 101765 Bandar Setia http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/978 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe&nbsp; Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 101765 Bandar Setia. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode eksperimen yaitu membandingkan dua atau lebih kelas dengan perlakuan dan tanpa perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101765 Bandar Setia pada bulan Januari 2025. Dengan menggunakan teknik probability sampling dengan jenis random sampling diperoleh sampel penelitian siswa kelas V sebanyak dua kelas dengan masing-masing 25 responden. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes berbentuk soal pilihan berganda. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan teknik statistik inferensial menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sebesar 86,16 sedangkan pada kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 65,44. Berdasarkan rata-rata hasil belajar kelompok sisa yang menggunakan NHT lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model konvensional.&nbsp; Berdasarkan perhitungan pengujian perbedaan rata-rata dua sampel (uji-t) diketahui ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan model NHT dengan hasil belajar siswa dengan model konvensional.&nbsp; Sehingga kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 101765 Bandar Setia.</p> Rizki Wahida Arni Malau Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/978 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Analisis Nilai-Nilai Mangokal Holi Sebagai Pengayaan dalam Pembelajaran Sejarah di SMA http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/979 <p>Penelitian ini&nbsp; bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai mangokal holi sebagai&nbsp; pengayaan dalam pembelajaran sejarah di SMA. Fokus kajiannya adalah (1) mengkaji nilai-nilai dari mangokal holi, dan (2) Mengintegrasikan nilai-nilai mangokal holi ke dalam materi pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji beberapa dokumen yang terkait dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai mangokal holi terkandung nilai spiritual, nilai sosial, nilai gotong royong, dan nilai toleransi yang dapat digunakan sebagai pembentukan karakter, selain itu nilai-nilai mangokal holi dapat diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran sejarah sebagai sebuah pembentukan karakter peserta didik.</p> Roger Frans Sinaga, Warto Warto, Hieronymus Purwanta Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/979 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Efektivitas Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/983 <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah dasar. Metode kuantitatif digunakan dengan melibatkan 50 guru di SD penggerak sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, efektivitas implementasi P5 mencapai 75,63%. Aspek perencanaan dan persiapan, pelaksanaan, asesmen, serta dampak terhadap siswa menunjukkan berjalan efektif. Kendala utama yang dihadapi guru terkait pemahaman konsep P5 dan ketersediaan modul yang lebih detail. Kesimpulannya, implementasi P5 berjalan efektif namun perlu ditingkatkan melalui penguatan kapasitas guru, penyediaan sumber daya yang memadai, serta pengembangan model pembelajaran dan instrumen asesmen yang lebih komprehensif. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi berbagai pihak untuk mendukung keberhasilan implementasi P5.</p> Nurdin Nurdin Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/983 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Sebuah Literature Review: Pendekatan Pedagogis Literasi Lintas Mata Pelajaran Melalui Text Multimoda di Era Society 5.0 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/985 <p>Kecanggihan teknologi di era society 5.0 yang menjadi primadona baru dalam kehidupan dapat digunakan secara bijak untuk mempercepat implementasi literasi lintas mata pelajaran. Disrupsi informasi dan teknologi dengan menjamurnya akses internet seharusnya menjadi titik balik untuk penguatan literasi pada generasi muda. Keberadaan teknologi memberikan terobosan pengajaran dan pembelajaran baru melalui beragam bentuk teks kontemporer. Salah satu inovasi pembelajaran di era society 5.0 adalah keberadaan teks multimoda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi pustaka untuk menganalisis pendekatan pedagogis literasi lintas mata pelajaran melalui text multimoda di era society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan peran penting lembaga pendidikan dalam mengembangkan literasi lintas mata pelajaran sebagai bagian integral dari pembelajaran. Integrasi pedagogis literasi lintas mata pelajaran melalui teks multimoda sebagai respons terhadap tuntutan di era society 5.0 dan kebutuhan akan pendidikan yang lebih inklusif dan relevan. Peran pendidik sangat krusial dalam mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan di dunia yang semakin kompleks dan berbasis teknologi.</p> Aprilianata Aprilianata, Zhazha Lutfi Azizah Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/985 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 Simulasi Tindakan Kreativitas dan Ketangguhan Mental untuk Meningkatkan Mentalitas Mahasiswa Unggul di Perguruan Tinggi Seni http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/986 <p>Simulasi tindakan sebagai strategi intervensi ketangguhan mental dan tindakan kreativitas bagi mahasiswa di perguruan tinggi seni. Simulasi mental ini dilakukan sebagai upaya&nbsp; meningkatkan kesadaran diri pada mahasiswa dan penguatan karakter tangguh. Simulasi mental sebagai cara mempersiapkan mahasiswa seni untuk meningkatkan mentalitas unggul dalam menghadapi situasi yang berpotensi gangguan mental atau stress yang berasal dari dalam dan luar lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan analisis literatur dan teknik simulasi mental pada 15 mahasiswa perguruan tinggi seni di Bandung. Hasil penelitian menunjukan tingkat ketangguhan mental dan kreativitas pada tahap simultasi mental mahasiswa seni di perguruan tinggi seni.</p> Wanda Listiani, Sri Rustiyanti, Anrilia E.M Ningdyah Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/986 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 WebLab Silek Minangkabau: Digitalisasi Media Pembelajaran Pencak Silat di Surau dan Rumah Gadang http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1016 <p>Penelitian ini menjelaskan peran penting media pembelajaran pencak silat dengan fokus pada surau dan rumah gadang sebagai pusat pendidikan pencak silat tradisional. Permasalahan yang diangkat, pencak silat sebagai warisan budaya menjadi media pembelajaran agar tetap relevan dalam era globalisasi. Penelitian ini mengeksplorasi upaya resilliensi dan reinventing pencak silat dengan merujuk pada sejarah silek Minangkabau sebagai bagian dari pendidikan tradisional yang dilakukan di surau dan rumah gadang. Hasil penelitian ini untuk memahami tradisi pencak silat dapat diadaptasi dan dikembangkan menjadi media pembelajaran, dengan menyesuaikan kebutuhan zaman modern, tanpa mengorbankan nilai-nilai luhurnya. Upaya strategi digitalisasi silek Minangkabau memperkuat posisi pencak silat sebagai media pembelajaran sekaligus sebagai identitas nasional. Pencak silat telah ditetapkan oleh UNESCO menjadi milik identitas nasional Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji peran pencak silat dalam membentuk karakter dan nilai-nilai luhur masyarakat Minangkabau, khususnya melalui pendidikan yang berlangsung di surau dan rumah gadang serta digitalisasi arsip silek Minangkabau berbasis website. Metode sejarah digunakan untuk menggali sejarah pusat pendidikan pencak silat di Minangkabau, khususnya di surau dan rumah gadang. Melalui kajian literatur, artefak, wawancara dengan para ahli, dan analisis data historis, untuk mengungkapkan bagaimana pencak silat tidak hanya sekadar seni bela diri, tetapi juga merupakan nilai-nilai luhur dan identitas budaya Minangkabau.</p> Sri Rustiyanti, Wanda Listiani, Anrilia E.M. Ningdyah, Sriati Dwiatmini, Suryanti Suryanti Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1016 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Perspektif Islam Tentang Aborsi: Antara Kesehatan Reproduksi dan Nilai-Nilai Agama http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1022 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang aborsi dalam perspektif Islam dan kesehatan reproduksi. Artikel ini disusun menggunakan metode <em>literature review.</em> Hasil seleksi dari 40 artikel tentang aborsi, kesehatan reproduksi dan pendidikan seksual dalam pandangan islam. Kemudian penulis memilih 30 artikel yang dipandang layak untuk dijadikan referensi artikel ini. Hasil yang ditemukan diantaranya pengelompokkan jenis aborsi menjadi tiga kategori: spontan, medis, dan kriminal. Aborsi spontan terjadi secara alami, sedangkan aborsi medis diperbolehkan dalam situasi darurat yang mengancam nyawa ibu. Aborsi kriminal, sebaliknya, dilakukan tanpa indikasi medis dan dianggap haram. Berbagai mazhab memberikan pandangan berbeda tentang waktu dan kondisi di mana aborsi dapat diterima. Selain itu, artikel ini juga menyoroti pentingnya kesehatan reproduksi, terutama di Indonesia, dimana isu pernikahan dini dan aborsi tinggi. Pendidikan kesehatan reproduksi yang memadai sangat diperlukan untuk mencegah perilaku seksual berisiko di kalangan remaja. Dengan pendekatan yang tepat, pendidikan seks dalam Islam dapat membantu membentuk karakter dan akhlak yang baik, serta meningkatkan kesadaran tentang kesehatan reproduksi.</p> Arman Ardiansyah, Novi Dwiyanti, Siti Juariyah, Acep Rizki Al-Fathir, Fiqra Muhamad Nazib Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1022 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Systematic Literature Review: Pengoptimalan Media Pembelajaran dalam Implementasi Layanan Konseling untuk Anak Berkebutuhan Khusus http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1079 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tren dan perkembangan penelitian media pembelajaran untuk layanan konseling serta menganalisis elemen-elemen kunci dalam konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>systematic literature review</em> dengan memanfaatkan 54 artikel ilmiah yang bersumber dari database Scopus. Tinjauan artikel dilakukan menggunakan aplikasi <em>Vosviewer</em>. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam bidang penelitian ini sejak 2018, didorong oleh kemajuan teknologi pendidikan dan meningkatnya kesadaran akan pendidikan inklusif, meskipun kontribusi dari negara berkembang masih terbatas, sehingga menekankan perlunya kolaborasi internasional. Tinjauan ini menyoroti pentingnya pendekatan holistik yang mengintegrasikan dukungan orang tua dan media pembelajaran yang disesuaikan untuk mengembangkan layanan konseling yang inklusif, efektif, dan berfokus pada kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan roadmap penelitian tentang media pembelajaran dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Keterbatasan penelitian ini adalah penggunaan artikel yang hanya bersumber dari database Scopus, sehingga mungkin tidak mewakili secara komprehensif isu-isu media pembelajaran dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian selanjutnya perlu memasukkan artikel dari database internasional bereputasi lainnya, seperti <em>Web of Science</em> dan <em>Dimensions Scholars.</em></p> Ratna Tri Utami, Muhammad Ubaidillah Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1079 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Peran Role Model Guru dalam Mengembangkan Kepribadian Anak di MI Miftahul Ulum http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1080 <p>Guru memegang peranan penting dalam pembentukan kepribadian siswa, terutama pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI). Misalnya, guru tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan dalam menerapkan nilai-nilai moral, keagamaan, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam pengembangan kepribadian siswa di MI Miftahul Ulum, dengan menyoroti keteladanan yang ditunjukkan, strategi yang diterapkan, dan tantangan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.&nbsp; penelitian menunjukkan bahwa guru di MI Miftahul Ulum berperan penting dalam membentuk karakter siswa melalui keteladanan dalam kedisiplinan, tanggung jawab, dan empati. Guru juga berkontribusi dalam mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan ke dalam kegiatan sehari-hari siswa, seperti praktik ibadah bersama dan bimbingan moral. Meskipun demikian, penelitian ini mengidentifikasi tantangan, termasuk pengaruh teknologi, media sosial, dan budaya luar yang dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian siswa. Secara keseluruhan, peran guru sebagai teladan memiliki dampak yang signifikan dalam pengembangan kepribadian siswa di MI. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk terus meningkatkan kompetensinya agar dapat menjadi figur yang relevan dan efektif dalam mendukung pembentukan karakter generasi muda yang berakhlak baik.</p> Ihdah Golbyah, Rika Purnamasari Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1080 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Gen Z dalam Bahaya Maraknya Penggunaan Narkoba di Kalangan Remaja http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1081 <p>Narkotika sebenarnya merupakan bahan yang digunakan dalam bidang medis untuk berbagai jenis pengobatan. Remaja pelaku dan pecandu didorong untuk menjalani terapi rehabilitasi untuk pulih dari kecanduannya dan mendapatkan kembali fungsi sosial dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara literatur review dengan judul “Gen Z dalam bahaya maraknya penggunaan narkoba di kalangan remaja”. Penelitian ini mengadopsi metode systematic literature review (SLR) yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu penentuan topik pencarian, pemilihan literatur, analisis dan interpretasi, penyusunan draf, serta seminar hasil. Sebanyak 24 artikel dipilih dari 30 artikel yang dikumpulkan dari berbagai sumber, dengan tahun publikasi antara 2017 hingga 2024. Fokus kajian pada tiga aspek yaitu peran lingkungan, permasalahan dan pencegahan kecanduan narkoba. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Keluarga berperan sebagai sumber dukungan emosional bagi remaja, (2) Keinginan remaja untuk menunjukkan sisi pemberontak dan mencari perhatian sering kali membuat mereka tergoda untuk mencoba narkoba, terutama ketika mereka merasa tertekan oleh teman-temannya, (3) Pencegahan kecanduan narkoba pada remaja membutuhkan pendekatan yang menyeluruh, pendekatan sosial yang efektif, seperti menciptakan komunitas yang saling mendukung dan menyediakan kegiatan positif, bisa menjadi pertahanan yang kuat.</p> Astiela Sibilunnajah, Galih Rusydan Mubarok, M. Ihda Hidayatur Ramadan, Rijal Jainal Arifin, Fiqra Muhammad Nazib Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1081 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1082 <p>Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar 2) mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru di sekolah dasar 3) mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah dah lingkungan kerja terhadap kinerja guru di sekolah dasar. Penelitian ini adalah kuantitatif&nbsp; menggunakan korelasi dengan desain penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah guru di SD Negeri Se-Gugus Melati Kecamatan Metro Pusat, dengan sampel 86 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 1) terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar yang ditunjukkan berdasarkan nilai F<sub>hitung</sub> = 80,018&nbsp; &gt; F<sub>tabel</sub> 1,46 dengan kontribusi sebesar 48,8% terhadap kinerja guru. 2) terdapat pengaruh positif antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar yang ditunjukkan berdasarkan nilai F<sub>hitung</sub> = 87,779 &gt; F<sub>tabel</sub> 1,46 dengan kontribusi sebesar 51,1% terhadap kinerja guru. 3) terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar yang ditunjukkan berdasarkan nilai F<sub>hitung</sub> = 72,052 &gt; F<sub>tabel</sub> = 1,46 dengan kontribusi sebesar 62,6% terhadap kinerja guru sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.</p> Iin Kurniawati, Handoko Handoko, Riswandi Riswandi, Herpratiwi Herpratiwi Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1082 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Manajemen Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMA Negeri 8 Surabaya http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1083 <p>Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban institusi pendidikan dalam memenuhi standar mutu pendidikan. Dengan adanya sarana dan prasarana pendidikan yang terpelihara dengan baik, maka akan mendukung jalannya proses pembelajaran dengan baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana manajemen pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Negeri 8 Surabaya. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik dalam mengumpulkan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, manajemen pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Negeri 8 Surabaya dilakukan melalui beberapa tahapan. 1) Tahap perencanaan, mencakup perencanaan jangka pendek dan perencanaan jangka panjang. 2) Tahap pengorganisasian. 3) Tahap pembiayaan sarana prasarana bersumber dari dana BOS, BPOPP dan komite sekolah. 4) Tahap pelaksanaan pemeliharaan sarana prasarana melalui pemeliharaan rutin dan preventif. 5) Tahap inventarisasi dan pelaporan sarana prasarana melalui aplikasi Simbada, Dapodik dan Simas. 6) Upaya strategis dalam mendukung pemeliharaan sarana prasarana melalui program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kurikulum Merdeka serta melakukan kerjasama antara pihak sekolah dan warga sekitar sekolah. Diharapkan adanya penelitian ini dapat memberikan gambaran dan motivasi untuk sekolah lainnya dalam memelihara sarana dan prasarana sekolah mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya.</p> Yeni Endiana Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1083 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Nilai Religiositas pada Naskah Buku Kulit Kayu Koleksi Museum Lampung No. 2476 sebagai Media Pembelajaran http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1084 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai religiositas yang terkandung dalam naskah Buku Kulit Kayu koleksi Museum Lampung no. 2476. Naskah ini terdiri atas 2 bagian, muka A dan muka B. Namun, penelitian ini menekankan pada muka A. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan filologi dan semiotik untuk membongkar makna yang terkandung di dalam naskah sebagai makna religiositasnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa adanya masyarakat Lampung bersifat religius yang ditandai melalui doa dan mantra di dalam naskah. Doa yang terdapat di dalamnya adalah doa untuk pengharapan keselamatan dan rezeki. Selain itu, mantra di dalam naskah berisi mengenai mantra penolak setan, menangkal fitnah, dengki, dan perbuatan jahat. Nilai-nilai religiositas yang terkandung dalam naskah ini tidak hanya merefleksikan karakter spiritual masyarakat Lampung, tetapi juga memiliki relevansi sebagai sumber pendidikan karakter. Naskah ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai moral, spiritualitas, dan budaya kepada generasi muda sehingga memperkuat pemahaman mereka terhadap warisan budaya lokal yang sarat makna edukatif.</p> Roma Kyo Kae Saniro, M. Yusuf, Andina Meutia Hawa, Noni Sukmawati Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1084 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Mindful, Meaningful, dan Joyful Learning di PAUD: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1089 <p><em>Mindful, meaningful, </em>dan<em> joyful learning</em> merupakan pendekatan pembelajaran yang bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang sadar, bermakna, dan menyenangkan bagi anak usia dini. Namun, implementasi ketiga pendekatan ini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih menghadapi tantangan, terutama dalam integrasi dengan kurikulum berbasis bermain. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau tren serta implementasi <em>mindful, meaningful, </em>dan<em> joyful learning</em> di PAUD melalui tinjauan literatur sistematis. Penelitian ini menggunakan metode <em>Systematic Literature Review</em> (SLR) berbasis pedoman <em>Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses</em> (PRISMA) 2020 dengan sumber data dari <em>Scopus</em> (2015–2024). Hasil menunjukkan bahwa tren penelitian meningkat signifikan setelah 2019, terutama dalam <em>mindful learning</em> yang dikaitkan dengan regulasi emosi dan keterampilan sosial-emosional anak. <em>Meaningful learning</em> diterapkan melalui pendekatan bermain dan keterlibatan keluarga, sementara joyful learning menekankan lingkungan belajar yang inklusif dan partisipatif. Ketiga pendekatan ini berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD. Namun, tantangan dalam integrasi dengan kurikulum berbasis bermain serta keterbatasan pelatihan guru masih menjadi kendala utama. Oleh karena itu, diperlukan strategi lebih sistematis, termasuk pelatihan guru dan peningkatan keterlibatan orang tua, untuk memastikan implementasi yang efektif dalam pembelajaran anak usia dini.</p> Muhamad Kosim Gifari, Rustian Akbar Gunadi, Ratna Dewi Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1089 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Literature Review: Implementasi PjBL-STEM dalam Pembelajaran IPA http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1097 <p>Pembelajaran PjBL-STEM menjadi kajian yang menarik dalam pembelajaran IPA. Integrasi model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan STEM menjadi tren pembelajaran IPA yang kreatif dan inovatif. Pembelajaran PjBL-STEM dapat meningkatkan keterampilan Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi PjBL-STEM pada pembelajaran IPA. Metode penelitian menggunakan literatur review dengan mengumpulkan dan menganalisis penelitian penelitian dari database Google Scholar terkait topik PjBL-STEM dalam pembelajaran IPA. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran PjBL-STEM dapat meningkatkan keterampilan abad 21. PjBL-STEM dapat diimplementasikan dalam pembelajaran IPA melalui model, modul, LKPD, media, bahkan perangkat pembelajaran.</p> Destama Einstean Shodiq, Muzazzinah Muzazzinah, Prabang Setyono Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1097 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Implementasi Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1091 <p>Pendidikan merupakan elemen penting dalam kemajuan suatu bangsa, termasuk pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang dijamin oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk ABK melalui pendekatan tinjauan literatur (Literature Review). Kajian dilakukan terhadap 15 artikel relevan yang mencakup berbagai jenjang pendidikan, seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran PAI untuk ABK tidak jauh berbeda dengan pembelajaran reguler, yaitu berpedoman pada silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan penyesuaian terhadap kebutuhan individu siswa. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui pendekatan komunikasi dan bahasa, menggunakan metode, media, serta strategi yang dirancang sesuai karakteristik siswa. Evaluasi pembelajaran menilai pemahaman kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, serta perilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menunjukkan pentingnya pengelolaan pembelajaran yang inklusif dan adaptif untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi ABK.</p> Ayu Sri Asih, Bunga Mahriva, Muhammad Alfaaz, Ani siti Anisah Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1091 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Peran Guru dalam Mengatasi Bullying di RA AL-IJTIHAD http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1093 <p>Bullying di dalam lingkungan pendidikan termasuk di tingkat RA/TK/PAUD, merupakan masalah yang bisa dibilang sangat serius yang dapat menghambat perkembangan sosial emosional pada Anak usia dini. Penelitian ini membahas bagaimana guru di RA AL Ijtihad mengatasi bullying kepada korban dan pelaku melalui pendekatan strategis yang terintegrasi. metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data, wawancara kepada&nbsp; 1 orang guru, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini membahas bagaimana peran guru&nbsp; mengatasi bullying apa saja jenis- jenis bullying&nbsp; dan faktor apa saja yang menjadi faktor anak dalam membully seseorang. Peran guru semestinya dapat menanamkan&nbsp; nilai nilai karakter melalui pembiasaan harian yang menjadikan rutinitas positif, pemberian contoh perilaku yang positif, dan pengelolaan emosi anak, Guru juga aktif dalam memberikan bimbingan kepada anak yang menjadi korban maupun pelaku bullying, menggunakan metode dialogis yang berbasis empati. Selain itu, kerja sama kesadaran bersama betapa pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan ramah anak. Kesimpulan dari artikel ini menekankan pentingnya peran seorang guru antara guru dan orangtua dilakukan melalui komunikasi intensif untuk membangun sebagai mediator dan fasilitator dalam menghadapi dan menangani bullying pada anak. Strategi yang diterapkan di RA Al Ijtihad menunjukan keberhasilan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pengembangan karakter anak secara optimal.</p> Silpa Alifatu Sidkiah, Nurlia Damayanti, Rika Purnamasari Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1093 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Persepsi Guru PAUD terhadap Kesiapan Belajar Anak di Kecamatan Plered http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1094 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi guru PAUD terhadap kesiapan belajar anak di Kecamatan Plered. Melalui pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini melibatkan lima sekolah PAUD di Kecamatan Plered dengan partisipan utama berupa guru PAUD yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi di kelas untuk memperoleh informasi mengenai pemahaman guru tentang kesiapan belajar anak, faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan tantangan yang dihadapi oleh guru PAUD dalam mempersiapkan pembelajaran untuk anak. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar anak dipengaruhi oleh faktor internal, seperti kemampuan kognitif, emosional, dan sosial anak, serta faktor eksternal, terutama dukungan keluarga dan kondisi sosial-ekonomi. Guru juga menghadapi tantangan dalam mengelola keberagaman tingkat kesiapan anak serta terbatasnya fasilitas pendidikan di beberapa sekolah. Penelitian ini menyarankan agar ada peningkatan kualitas pelatihan guru, dukungan orang tua, serta fasilitas pendidikan untuk memaksimalkan kesiapan belajar anak di PAUD. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan di tingkat PAUD.</p> Sumi Sumiati, Erlian Hisma Maghisa, Rika Purnamasari Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1094 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Peran Role Model Guru Dalam Mengembangkan Moral Anak Usia Dini RA Al-Mukhlis Wantilan http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1095 <p>Pendidikan moral di usia dini memiliki peranan penting dalam membentuk karakter dan nilai moral anak-anak. Guru, sebagai role model, memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai moral yang diharapkan, seperti kejujuran, empati, rasa tanggung jawab, dan saling menghormati. Penelitian ini mengkaji peran guru sebagai model perilaku dalam pengembangan moral anak usia dini di RA Al-Mukhlis, sebuah lembaga pendidikan di Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang. Hasil penelitian di RA Al-Mukhlis menunjukan bahwa guru tidak hanya mengajarkan pengetahuan akademik, tetapi juga nilai-nilai moral melalui interaksi sosial dan pengajaran yang penuh perhatian. Penelitian ini juga mengidentifikasi nilai moral yang ditanamkan pada anak-anak, termasuk kejujuran, empati, rasa tanggung jawab, dan kemampuan bekerja sama. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru dalam pengembangan moral anak, seperti kualitas pengajaran, kondisi lingkungan sekolah, dan komunikasi dengan orang tua, juga dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku guru yang positif memberikan dampak signifikan dalam pembentukan moral anak, dan pengajaran yang tepat, serta kolaborasi dengan orang tua, sangat penting dalam menciptakan generasi yang berbudi pekerti luhur. Guru di RA Al-Mukhlis berperan penting sebagai teladan yang akan membentuk karakter anak-anak yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki integritas dan kepedulian sosial.</p> Nur Rahayu, Rika Purnamasari Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1095 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo Kecamatan Metro Selatan http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1098 <p>Masalah dalam penelitian adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo Kecamatan Metro Selatan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menerapkan seluruh keterampilan dasar mengajar guru dengan yang hanya menerapkan sebagian keterampilan dasar mengajar guru. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu <em>non equivalent control group desain</em>. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan <em>non probability sampling</em> dengan metode <em>purposive sampling</em>. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes berupa soal essay. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji t-tes. Hasil uji regresi sederhana menunjukan bahwa F<sub>hitung</sub> lebih besar dari F<sub>tabel</sub> dan hasil uji t menunjukan t<sub>hitung</sub> lebih besar dari t<sub>tabel</sub>. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo Kecamatan Metro Selatan dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menerapkan seluruh keterampilan dasar mengajar guru dengan yang hanya menerapkan sebagian keterampilan dasar mengajar guru.</p> Khusnul Khotimah, Handoko Handoko, Riswandi Riswandi, Herpratiwi Herpratiwi Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1098 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Perkembangan Sosial Emosional Anak di RA Khoerunnisa http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1099 <p>Penelitian ini mengkaji secara mendalam urgensi kolaborasi orang tua dan guru dalam menstimulasi perkembangan keterampilan sosial dan emosional anak pada usia dini di RA Khoerunnisa. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi model-model kolaborasi yang diterapkan, menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat, serta mendokumentasikan praktik-praktik terbaik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru dan perwakilan orang tua, observasi partisipatif di lingkungan sekolah, dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif dan transparan, partisipasi aktif orang tua dalam kegiatan sekolah, serta hubungan saling percaya dan menghormati antara&nbsp;&nbsp; merupakan landasan keberhasilan kolaborasi. Berbagai praktik, seperti program parenting class yang membekali orang tua dengan pengetahuan dan keterampilan pengasuhan, komunikasi rutin melalui grup WhatsApp untuk pertukaran informasi yang cepat, dan keterlibatan orang tua mengenai kegiatan sekolah (misalnya kegiatan kelas, perayaan, dan outing), memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap perkembangan keterampilan sosial emosional anak. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan tantangan, termasuk retreatant waktu orang tua (terutama yang bekerja) dan perbedaan persepsi antara orang tua dan guru mengenai pendekatan proses pembelajaran anak. Berdasarkan temuan ini, penelitian merekomendasikan beberapa strategi, yaitu penjadwalan pertemuan yang fleksibel, dialog terbuka dan terstruktur, pelatihan kolaborasi bagi orang tua dan guru, serta penggunaan media komunikasi yang tepat dan beragam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan praktik kolaborasi yang lebih tepat dan berkelanjutan dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional anak pada usia dini di RA Khoerunnisa dan lembaga PAUD lainnya.</p> Nurlaila Rahmawati, Rika Purnamasari Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1099 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam: Strategi Pembelajaran Untuk Membentuk Karakter Toleransi Siswa di Sekolah Menengah Atas http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1100 <p>Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama untuk membentuk karakter siswa yang toleran. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Hasil seleksi dari 40 artikel tentang Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam: Strategi Pembelajaran Untuk Membentuk Karakter Toleransi Siswa Di Sekolah Menengah Atas. Hasil kajian menunjukkan strategi moderasi beragama dilakukan melalui pendekatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan berbasis kearifan lokal. Pendekatan intrakurikuler mencakup pengintegrasian nilai moderasi dalam RPP, silabus, dan bahan ajar yang menekankan toleransi, demokrasi, dan kerukunan. Program ekstrakurikuler, seperti debat lintas agama dan kunjungan ke tempat ibadah, terbukti efektif meskipun menghadapi kendala dana dan dukungan orang tua. Pendekatan berbasis kearifan lokal, yang melalui tahap transformasi, transaksi, dan transinternalisasi nilai, memperkuat internalisasi nilai moderasi. Tantangan utama penerapan moderasi beragama adalah kurangnya bahan ajar relevan dan pengaruh negatif media sosial. Literasi digital menjadi kebutuhan untuk membantu siswa menyaring informasi secara kritis. Faktor pendukung keberhasilan adalah kolaborasi antara guru, sekolah, keluarga, dan komunitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi strategi pembelajaran moderasi beragama melalui integrasi kurikulum, kegiatan aplikatif, dan sinergi dengan lingkungan sekolah mampu membentuk karakter siswa yang toleran dan menghargai keberagaman, serta menjunjung tinggi persatuan.</p> Tari Rahmatilla, Fifit Nuraeni, Fitrah Mahpudin, Azmi Abdul Aziz, Yufi M Nasrulloh Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1100 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Peran Bimbingan Konseling Islam dalam mengatasi Degradasi Moral Peserta didik http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1101 <p>Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menggali secara mendalam peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam menerapkan bimbingan berbasis nilai-nilai Islam untuk mengatasi degradasi moral di SMP Qurrota A’yun. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana guru BK mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam bimbingan konseling dan tantangan yang dihadapi dalam proses tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data yang relevan, seperti artikel, jurnal, dan dokumen terkait. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK di SMP Qurrota A’yun menerapkan berbagai metode bimbingan konseling berbasis Islam, seperti metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, serta pemberian perhatian. Mereka juga melibatkan orang tua dan masyarakat dalam memperkuat nilai-nilai moral siswa. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan komunikasi antara guru BK dan orang tua siswa, serta kesulitan dalam membangun hubungan yang terbuka dengan siswa. Meskipun demikian, pendekatan bimbingan konseling berbasis nilai-nilai agama di SMP Qurrota A’yun menunjukkan potensi yang besar dalam mengatasi degradasi moral di era digital.</p> Gina Wara Wulan Sari, Rizki Nurwanda, Alvin Reza Pahlevi, Wida Durotul, Tutun Usman Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1101 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Analisis Bibliometrik: Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Model Pembelajaran 1968-2024 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1102 <p>Model pembelajaran berbasis creative thinking merupakan pendekatan yang menempatkan kreativitas sebagai fokus utama dalam proses pembelajaran. Siswa didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mereka melalui berbagai aktivitas dan latihan yang dirancang untuk merangsang imajinasi, eksplorasi, dan inovasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi publikasi yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis berpikir kreatif dan mendeskripsikan karakteristik penelitian ini. Metode Analisis Bibliometrik digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah publikasi yang memuat pembelajaran berbasis berpikir kreatif meningkat dari tahun 2012-2023 dan mengalami penurunan di 2023-2024. Jumlah dokumen yang ditulis terbanyak dengan 6 dokumen adalah Tomi Apra Santosa, sedangkan penulis dengan sitasi terbanyak dengan 150 sitasi adalah Joshua d. Landau dan Richard L. Marsh. Journal of Physics Conference Series menjadi pemegang posisi teratas sebagai penerbit dengan 156 dokumen terbanyak. Tema baru yang muncul dalam bidang ini adalah “student”, “approach”, “creativity” dan “development”.</p> Komang Ade Komala Savitri Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1102 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Relevansi Tulisan Tegak Bersambung dengan Pendidikan Masa Kini dan Intelengensi Siswa SDN 01 Gunung Terang Kabupaten Tanggamus http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1106 <p>Tulisan tegak bersambung telah lama menjadi bagian dari kurikulum pendidikan di Indonesia. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan metode pembelajaran, relevansinya dalam pendidikan dasar mulai dipertanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara tulisan tegak bersambung dengan tingkat inteligensi siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif di SD Negeri 01 Gunung Terang, Kecamatan Bulok, Kabupaten Tanggamus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta tes inteligensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tulisan tegak bersambung dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dan konsentrasi siswa. Namun, terdapat tantangan dalam penerapannya, seperti menurunnya minat siswa akibat dominasi teknologi digital. Meskipun beberapa temuan menunjukkan korelasi positif antara tulisan tegak bersambung dan inteligensi siswa, faktor lain seperti lingkungan belajar dan metode pengajaran juga berperan penting. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam metode pengajaran agar tulisan tegak bersambung tetap relevan di era digital.</p> Riky Fernando, Umi Salamah Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1106 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000 Efektivitas LKPD IPAS Berbasis Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Metro Selatan http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1111 <p>Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Metro Selatan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas LKPD IPAS berbasis inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group desain.&nbsp; Populasi penelitian ini berjumlah 42 peserta didik dengan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) LKPD IPAS berbasis inkuiri yang diterapkan sudah efektif dengan kategori baik dengan nilai N-Gain persen sebesar 63,94. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara efektivitas LKPD IPAS berbasis inkuiri dengan keterampilan kritis peserta didik dengan nilai signifikan sebesar 0,014 &lt; 0,05. (3) terdapat peningkatan perbedaan nilai rata-rata dengan nilai signifikan sebesar 0,00&lt;0,05.</p> Ardhi Yudis Thira, Amrina Izzatika, Dayu Rika Perdana, Fuji Bestari Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1111 Tue, 25 Mar 2025 00:00:00 +0000