http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/issue/feedProsiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung2025-04-01T00:26:29+00:00Panitia Seminarseminarpendidikanfkipunila@gmail.comOpen Journal Systemshttp://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/947Stimulasi Bermain untuk Mengoptimalkan Perkembangan Sosial di RA Al Anshori2025-03-19T16:09:09+00:00Muna Nazihahmuna.nazihah11@gmail.comRika Purnamasarimuna.nazihah11@gmail.com<p>Penelitian ini secara mendalam menelaah upaya RA Al Anshori dalam menerapkan program stimulasi bermain untuk menunjang perkembangan sosial anak usia dini. Mengingat pentingnya perkembangan sosial di usia dini sebagai landasan pembentukan karakter, kemampuan interaksi, dan adaptasi sosial, implementasi program stimulasi bermain yang terarah menjadi esensial. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan memaparkan upaya-upaya tersebut, mengidentifikasi model stimulasi bermain, menganalisis faktor pendukung dan penghambat, serta merumuskan implikasi praktis bagi peningkatan mutu pendidikan anak usia dini. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif guru dalam memfasilitasi dan membimbing kegiatan bermain, variasi permainan yang sesuai dengan minat dan tahap perkembangan anak (mulai dari sensorimotor hingga konstruktif), serta dukungan dan partisipasi aktif orang tua di rumah, merupakan faktor kunci keberhasilan program. Kendala yang ditemukan meliputi keterbatasan sumber daya dan sarana prasarana, serta kurangnya pemahaman sebagian orang tua tentang pentingnya stimulasi bermain. Penelitian menyimpulkan bahwa stimulasi bermain adalah pendekatan holistik dan efektif yang dapat disesuaikan dengan konteks dan sumber daya lokal RA Al Anshori. Temuan ini mengimplikasikan perlunya peningkatan kapasitas guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan stimulasi bermain berkualitas, serta peningkatan sosialisasi dan edukasi kepada orang tua mengenai peran penting mereka dalam mendukung perkembangan sosial anak di rumah. Penelitian ini diharapkan berkontribusi bagi pengembangan program stimulasi bermain yang lebih efektif dan berkelanjutan di RA Al Anshori dan lembaga PAUD lainnya, demi terwujudnya generasi penerus yang berkualitas dan berkarakter.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/951Challenges and Opportunities of STEAM-based Learning in Pancasila Education: A Case Study at SDN 1 Bunulrejo Malang2025-03-20T02:14:09+00:00Helga Salsabilahelgasalsabilaaa@gmail.comSabrina Azzahrohelgasalsabilaaa@gmail.comSigit Priatmokohelgasalsabilaaa@gmail.comWiku Aji Sugirihelgasalsabilaaa@gmail.comRizki Ameliahelgasalsabilaaa@gmail.com<p><em>Pancasila Education is an important subject in elementary school. Some previous research shows that Pancasila Education learning in elementary schools is less attractive to students. One of the innovative approaches that is relevant to be used in learning Pancasila Education is STEAM. This study aims to explore the planning, implementation, evaluation, and factors influencing the implementation of STEAM-based Pancasila Education learning. This case study was conducted at SDN 1 Bunulrejo, Malang—one of the primary schools that prioritizes technology-based learning and STEAM implementation. Data were collected using semi-structured interviews, non-participant observation, and document analysis. Data analysis used thematic analysis. The findings show that integrating STEAM in Pancasila Education contributes to holistic learner character building and makes learning more effective and efficient.</em></p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/952Membangun Karakter Anak Melalui Homeschooling Berbasis Agama Islam2025-03-20T04:51:03+00:00Tiara Putri Andiniputriandinitiara@gmail.comEva Nazzila Salsabilaputriandinitiara@gmail.comDenden Ferdianputriandinitiara@gmail.comFikri Muhamad Latifputriandinitiara@gmail.com<p>Homeschooling berbasis Islam bermanfaat untuk membangun karakter anak dengan menanamkan nilai-nilai moral dan etika Islam sejak dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan penjelasan dan gambaran yang mendalam terkait upaya membangun karakter anak melalui homeschooling berbasis agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memahami cara membangun nilai-nilai karakter Islami pada anak, (2) meningkatkan keterampilan anak, dan (3) mendorong kemandirian serta tanggung jawab pada anak. Tujuan utama pendidikan adalah mengembangkan seluruh potensi individu dalam mempersiapkan karakternya untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Tiga pusat utama pendidikan adalah keluarga, sekolah, dan masyarakat, dengan konsep “jalur pendidikan” menggantikan rumusan Ki Hajar Dewantara. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidik untuk melaksanakan pengajaran homeschooling memerlukan silabus yang dirancang sebelum pembelajaran dilakukan. Di samping merancang pembelajaran, pendidik melakukan beberapa strategi dan kurikulum yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, tantangan yang dihadapi oleh pendidik meliputi dalam pembelajaran yang harus ekstra sabar dikarenakan anak masih dalam dikategorikan otak bermain sehingga metode dan media nya harus sambil dibarengi dengan bermain.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/953Literatur Review: Pembelajaran berbasis Discovery Learning bermuatan Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa2025-03-20T05:05:49+00:00Dita Mey Rahmahditamey99@gmail.comSri Yamtinahditamey99@gmail.comMohammad Masykuriditamey99@gmail.com<p>Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kompetensi utama yang dibutuhkan di era abad ke-21, terutama dalam menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0. Pembelajaran berbasis Discovery Learning diyakini mampu mendukung pengembangan kemampuan ini karena menekankan pada eksplorasi aktif, investigasi, dan refleksi oleh siswa. Namun, implementasinya di Indonesia masih menghadapi tantangan, terutama dalam menyediakan konteks pembelajaran yang bermakna dan relevan. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah integrasi etnosains ke dalam Discovery Learning. Etnosains, yang menggali nilai-nilai kearifan lokal dan budaya, dapat membuat pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan Discovery Learning dengan muatan etnosains dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Artikel yang dianalisis dipilih dari rentang waktu 2018–2024 berdasarkan kriteria relevansi dengan topik. Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1) Integrasi etnosains dalam Discovery Learning memperkaya konteks pembelajaran sehingga lebih relevan dengan kehidupan siswa, 2) Model ini efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa 3) Desain pembelajaran Discovery Learning bermuatan etnosains disusun dan diimplementasikan melalui perangkat pembelajaran. 4) Tantangan implementasi terutama terkait persiapan perangkat pembelajaran dan pelatihan guru. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan berbasis budaya dalam pendidikan untuk mendukung pembelajaran yang bermakna dan kontekstual.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/955Stimulasi Bermain Puzzle untuk Mengembangkan Perkembangan Kognitif di TK. Madinatul Ilmi2025-03-23T15:24:10+00:00Lisda Nurhasanahlisda.nda702@gmail.comRika Purnamasarilisda.nda702@gmail.com<p>Penelitian ini waktu yang sangat penting dalam perkembangan kognitif untuk anak, dan bertujuan untuk mengeksplorasi potensi permainan puzzle sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di TK Madinatul Ilmi. Masa usia dini adalah Rentang permainan puzzle dapat merangsang keterampilan berpikir logis, pengenalan bentuk, serta kemampuan memecahkan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik studi lapangan, yang mencakup wawancara mendalam dengan guru, observasi partisipatif terhadap kegiatan bermain anak, serta pencatatan anekdot dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan puzzle sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan kognitif anak, termasuk dalam hal koordinasi mata dan tangan, kemampuan berpikir logis, serta kesabaran. Selain itu, penggunaan puzzle juga memfasilitasi interaksi sosial antar anak dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Tantangan yang dihadapi dalam implementasi permainan puzzle meliputi keterbatasan waktu dan dukungan orang tua yang masih perlu ditingkatkan. Secara keseluruhan, permainan puzzle terbukti sebagai alat yang berpengaruh dalam mendukung perkembangan kognitif anak usia dini di TK Madinatul Ilmi.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/956Peran Regulasi Emosi Terhadap Kontrol Diri pada Anak yang Mengalami Fatherless2025-03-23T15:26:55+00:00Nabeela Lintang Kurnianabeelalintangk@students.unnes.ac.id<p>Fenomena <em>fatherless</em> merupakan salah satu hal krusial yang terjadi di Indonesia yang dipengaruhi oleh budaya lokal sehingga menciptakan paradigma terhadap pengasuhan anak. Stereotip budaya ini menempatkan bahwa laki-laki tidak perlu terlibat dalam pengasuhan anak. Tidak sedikit keluarga di Indonesia masih didominasi dengan budaya patriarki, dimana ibu sebagai peran utama dalam mengerjakan tugas domestik. Akibatnya, peran ayah menjadi kurang diutamakan, sehingga tanpa disadari, tugas mengasuh, memelihara, serta mendidik anak seringkali dipandang sebagai tanggung jawab ibu semata, padahal kehadiran sosok ayah sangatlah penting. Isu <em>fatherless</em> ini jarang dibicarakan, bahkan hampir tidak terlihat. Namun, dampaknya begitu nyata dalam fase perkembangan anak. Ketiadaan peran ayah dalam fase perkembangan anak akan berdampak secara signifikan terhadap perkembangan psikologis dan emosional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peran regulasi emosi terhadap kontrol diri pada anak yang mengalami <em>fatherless</em> dengan metode penelitian studi literatur dengan mengumpulkan data pustaka yang kemudian dianalisis. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan regulasi emosi sangat berperan terhadap kontrol diri pada anak yang mengalami <em>fatherless</em>.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/957Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah2025-03-23T21:38:22+00:00Rahmadina Dalimuntherahmadinadlm@gmail.comFauziyah Harahaprahmadinadlm@gmail.comZulkifli Matondangrahmadinadlm@gmail.comErfiani Humairahrahmadinadlm@gmail.com<p>Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam proses pembelajaran di sekolah. Penerapan teknologi bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran serta membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Guru memiliki peran penting dalam mengintegrasikan teknologi dengan pendekatan pedagogis yang sesuai. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur untuk menganalisis berbagai sumber terpercaya terkait pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di sekolah. Kajian ini mencakup aspek pemanfaatan teknologi, hakikat media pembelajaran, peran media berbasis teknologi, serta tantangan dalam implementasinya. Hasil kajian menunjukkan bahwa teknologi pendidikan berfungsi sebagai alat bantu dalam penyampaian materi secara lebih visual, interaktif, dan adaptif, meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa. Teknologi juga memungkinkan personalisasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu. Selain itu, media berbasis teknologi berperan sebagai penyalur dan penyedia informasi yang memperjelas konsep abstrak. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital, keterbatasan infrastruktur, dan kurangnya kompetensi guru masih menjadi hambatan. Diperlukan dukungan dari berbagai pihak guna mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Dengan perencanaan yang tepat, teknologi dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menghadapi tantangan global di era digital.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/958Pengaruh Pola Pengasuhan Strict Parents oleh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Generasi Alpha2025-03-23T22:38:07+00:00Wildatul Husniahwildatulhusniah81@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola pengasuhan ketat (strict parenting) oleh orang tua terhadap pembentukan karakter anak generasi Alpha. Dalam era digital yang ditandai dengan akses informasi yang melimpah, pola asuh yang ketat sering kali membatasi eksplorasi dan kreativitas anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap anak-anak dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan ketat dapat menghasilkan anak-anak yang disiplin dan patuh, namun juga berisiko menimbulkan kecemasan, rendahnya kepercayaan diri, dan keterampilan sosial yang terbatas. Selain itu, anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang sangat terstruktur cenderung mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan situasi sosial yang tidak terduga. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan pengasuhan yang seimbang, di mana orang tua memberikan batasan yang jelas sambil tetap memberikan ruang bagi anak untuk bereksplorasi dan mengembangkan kreativitas. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi orang tua, pendidik, dan pembuat kebijakan dalam mendukung perkembangan karakter anak secara holistik di era yang terus berubah ini.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/963Gambaran Kopetensi Pedagogik dalam Menguasai Penggunaan Media Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Al – Fikri2025-03-24T09:55:24+00:00Siti Mar’atus Solihatsitimaratussolihat@gmail.comRika Purnamasarisitimaratussolihat@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kompetensi pedagogik guru dalam penggunaan media pembelajaran bagi anak usia dini di RA Al-Fikri. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu aspek krusial yang harus dimiliki oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif, menarik, serta sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Meskipun media pembelajaran di RA Al-Fikri masih sederhana, namun guru telah berhasil menggunakan berbagai jenis media seperti video, gambar dan bahan alam untuk mendukung proses pembelajaran. Selain itu, ketersediaan media,keterampilan guru, dan pemahaman terhadap kebutuhan anak menjadi penentu signifikan dalam keberhasilan pemanfaatan media tersebut. Para guru juga diharapkan untuk terus meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan dan penerapan inovasi. Penelitian ini memberikan wawasan yang penting mengenai signifikansi penguasaan media pembelajaran oleh guru PAUD dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/965Inovasi Media Pembelajaran Mengenal Lingkungan untuk Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Video Visual di TKIT Al Mahira2025-03-24T10:07:50+00:00Eka Pratiwi Putri Suhandaprtwshdaa@gmail.comNia Nuraeniprtwshdaa@gmail.comRika Purnamasariprtwshdaa@gmail.com<p>Inovasi media pembelajaran mengenal lingkungan untuk anak usia 5-6 tahun melalui video visual bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran anak terhadap lingkungan sekitar. Dalam era digital saat ini, penggunaan video sebagai alat bantu pembelajaran menawarkan pendekatan yang menarik dan interaktif. Penelitian ini mengembangkan serangkaian video edukatif yang menyajikan informasi mengenai elemen-elemen lingkungan, seperti flora, fauna, dan ekosistem dengan cara yang mudah dipahami oleh anak-anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran mengenal lingkungan untuk anak usia 5-6 tahun melalui video visual di TKIT Al Mahira. Selain itu untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam penggunaan media pembelajaran. Hasil dari penerapan media ini menunjukan peningkatan signifikan dalam pengetahuan anak tentang lingkungan, serta kemampuan mereka untuk mengidentifikasi dan menghargai keberagaman alam. Dengan demikian inovasi ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pemgembangan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak usia dini.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/968Pengasuhan dan Perkembangan Anak: Peranan Pengasuhan Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Tahap Operasional Konkret (Usia 7-11 Tahun)2025-03-24T12:09:39+00:00Hana Amaliahanaamalia003@students.unnes.ac.idSyafiya Putri Azirahanaamalia003@students.unnes.ac.id<p>Orang tua adalah orang pertama yang membentuk kepribadian dalam kehidupan anak yang harus memberikan teladan yang baik. Pola asuh orang tua memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan kognitif anak terutama pada tahap operasional konkret usia (7-11 tahun). Perkembangan kognitif merupakan bagian dari fase perkembangan karakteristik manusia yang penting untuk dipelajari. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, di mana peneliti mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber tertulis yang relevan, seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan peranan pola asuh yang ideal adalah pola asuh demokratis, dimana orang tua tidak hanya menerapkan tuntutan (demanding) yang tinggi tetapi juga memberi tanggapan (responsiveness) yang tinggi terhadap anak. Pola asuh demokratis atau otoritatif tersebut memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/969Implementasi Metode Bermain Peran untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia 4-5 Tahun di KB Arraudoh2025-03-24T15:28:29+00:00Salma Wahdatusyahirohsalmawahdatuu@gmail.comRika Purnamasarisalmawahdatuu@gmail.com<p>Penelitian ini mengkaji implementasi metode bermain peran untuk mengembangkan kemampuan komunikasi anak usia 4-5 tahun di KB ARRAUDOH. Tujuannya adalah untuk mengetahui keterampilan komunikasi anak dan menggali faktor serta keunggulan metode bermain peran.Komunikasi penting bagi anak usia 4-5 tahun sebagai cara mengungkapkan perasaan dan gagasan. Keterampilan ini perlu distimulasi sejak dini, salah satunya melalui metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran di KB ARRAUDOH memberikan dampak positif pada perkembangan komunikasi anak. Anak mampu berkomunikasi dengan baik, berpartisipasi aktif dalam kegiatan, bersosialisasi dengan baik, dan menunjukkan rasa peduli.Terdapat faktor penghambat seperti kurangnya ruang dan kondisi anak yang kurang percaya diri, namun guru berhasil mengatasinya dengan dukungan emosional dan interaktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain peran adalah strategi yang relevan dalam pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan komunikasi.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/970Teknik Konseling Storytelling Anak Berkebutuhan Khusus: Systematic Literature Review2025-03-25T01:41:56+00:00Muhammad Ubaidillahm.ubaidillah369@fkip.unila.ac.idRatna Tri Utamiratnatriutami020690@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan tinjauan pustaka mengenai tren penelitian <em>storytelling</em>, konsep utama dalam kajian literatur <em>storytelling, </em>serta hubungan antar topik dalam literatur konseling <em>storytelling </em>yang sering diterapkan. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah <em>Systematic Literature Review </em>yang menggunakan 33 artikel ilmiah bersumber dari <em>database Scopus</em>. Review artikel menggunakan aplikasi Vosviewer yang terfokus pada keterkaitan hasil penelitian satu dengan yang lainnya. Kemudian data temporal yang diolah sesuai dengan hasil penelitian terdahulu. Dan yang terakhir yaitu berkaitan dengan dominan literatur yang dikaji oleh peneliti. Hasil penelitian mengungkapkan teknik konseling <em>storytelling </em>terbukti efektif dan relevan dalam mendukung perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak berkebutuhan khusus, dengan tren penelitian yang semakin konsisten sejak 2016. Meski perhatian terhadap topik ini fluktuatif, <em>storytelling </em>memiliki potensi besar sebagai metode konseling yang fleksibel dan adaptif sehingga hasil penelitian ini berkontribusi pada pengembangan roadmap penelitian tentang teknik konseling yang sesuai untuk anak berkebutuhan khusus. Keterbatasan penelitian ini adalah artikel yang digunakan hanya bersumber dari database <em>Scopus </em>sehingga temuan penelitian tidak dapat menggambarkan secara komprehensif tentang teknik konseling <em>storytelling </em>dan anak berkebutuhan khusus di seluruh Dunia. Penelitian berikutnya perlu menggunakan artikel ilmiah yang bersumber <em>database</em> internasional bereputasi seperti <em>Web of Science</em> dan <em>Dimensionds Scholars</em>.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/973Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPAS Materi Siklus Hidup Hewan di Kelas III SDK Waiara2025-03-25T08:17:19+00:00Lukas Beralukasbera052@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS materi siklus hidup hewan pada siswa kelas III SDK Waiara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif pre-experimental dengan menggunakan rancangan one-group pretest-posttest design. Dilakukan terhadap satu kelompok tanpa adanya kelompok kontrol atau pembanding. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 orang siswa kelas III SDK Waiara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, data pretest-posttest, dan uji hipotesis. Dari masing-masing hasil yang diperoleh menunjukan bahwa adanya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS materi siklus hidup hewan pada siswa kelas III SDK Waiara dengan diperoleh nilai rata-rata pretest siswa = 43, 84 dan pada posttest = 70,76 Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media video pembelajaran. Berdasarkan tabel output hasil uji t , diperoleh nilai signifikansi 0.001 < 0.05 yang artinya H0 ditolak dan H1 Diterima. Dengan begitu layak dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas III SDK Waiara.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/978Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 101765 Bandar Setia2025-03-26T04:07:45+00:00Rizki Wahida Arni Malaurizkimalau96@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 101765 Bandar Setia. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode eksperimen yaitu membandingkan dua atau lebih kelas dengan perlakuan dan tanpa perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101765 Bandar Setia pada bulan Januari 2025. Dengan menggunakan teknik probability sampling dengan jenis random sampling diperoleh sampel penelitian siswa kelas V sebanyak dua kelas dengan masing-masing 25 responden. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes berbentuk soal pilihan berganda. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan teknik statistik inferensial menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sebesar 86,16 sedangkan pada kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 65,44. Berdasarkan rata-rata hasil belajar kelompok sisa yang menggunakan NHT lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model konvensional. Berdasarkan perhitungan pengujian perbedaan rata-rata dua sampel (uji-t) diketahui ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan model NHT dengan hasil belajar siswa dengan model konvensional. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 101765 Bandar Setia.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/979Analisis Nilai-Nilai Mangokal Holi Sebagai Pengayaan dalam Pembelajaran Sejarah di SMA2025-03-26T04:23:55+00:00Roger Frans Sinagaroger.frans2950@student.uns.ac.idWarto Wartowarto2013@staff.uns.ac.idHieronymus Purwantahpurwanta@staff.uns.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai mangokal holi sebagai pengayaan dalam pembelajaran sejarah di SMA. Fokus kajiannya adalah (1) mengkaji nilai-nilai dari mangokal holi, dan (2) Mengintegrasikan nilai-nilai mangokal holi ke dalam materi pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji beberapa dokumen yang terkait dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai mangokal holi terkandung nilai spiritual, nilai sosial, nilai gotong royong, dan nilai toleransi yang dapat digunakan sebagai pembentukan karakter, selain itu nilai-nilai mangokal holi dapat diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran sejarah sebagai sebuah pembentukan karakter peserta didik.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/983Efektivitas Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar2025-03-26T06:05:15+00:00Nurdin Nurdintomanyaman70@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah dasar. Metode kuantitatif digunakan dengan melibatkan 50 guru di SD penggerak sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, efektivitas implementasi P5 mencapai 75,63%. Aspek perencanaan dan persiapan, pelaksanaan, asesmen, serta dampak terhadap siswa menunjukkan berjalan efektif. Kendala utama yang dihadapi guru terkait pemahaman konsep P5 dan ketersediaan modul yang lebih detail. Kesimpulannya, implementasi P5 berjalan efektif namun perlu ditingkatkan melalui penguatan kapasitas guru, penyediaan sumber daya yang memadai, serta pengembangan model pembelajaran dan instrumen asesmen yang lebih komprehensif. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi berbagai pihak untuk mendukung keberhasilan implementasi P5.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/985Sebuah Literature Review: Pendekatan Pedagogis Literasi Lintas Mata Pelajaran Melalui Text Multimoda di Era Society 5.02025-03-26T08:14:31+00:00Aprilianata Aprilianataaprilianata.2024@student.uny.ac.idZhazha Lutfi Azizahaprilianata.2024@student.uny.ac.id<p>Kecanggihan teknologi di era society 5.0 yang menjadi primadona baru dalam kehidupan dapat digunakan secara bijak untuk mempercepat implementasi literasi lintas mata pelajaran. Disrupsi informasi dan teknologi dengan menjamurnya akses internet seharusnya menjadi titik balik untuk penguatan literasi pada generasi muda. Keberadaan teknologi memberikan terobosan pengajaran dan pembelajaran baru melalui beragam bentuk teks kontemporer. Salah satu inovasi pembelajaran di era society 5.0 adalah keberadaan teks multimoda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi pustaka untuk menganalisis pendekatan pedagogis literasi lintas mata pelajaran melalui text multimoda di era society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan peran penting lembaga pendidikan dalam mengembangkan literasi lintas mata pelajaran sebagai bagian integral dari pembelajaran. Integrasi pedagogis literasi lintas mata pelajaran melalui teks multimoda sebagai respons terhadap tuntutan di era society 5.0 dan kebutuhan akan pendidikan yang lebih inklusif dan relevan. Peran pendidik sangat krusial dalam mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan di dunia yang semakin kompleks dan berbasis teknologi.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/986Simulasi Tindakan Kreativitas dan Ketangguhan Mental untuk Meningkatkan Mentalitas Mahasiswa Unggul di Perguruan Tinggi Seni2025-03-26T09:02:37+00:00Wanda Listianiwandalistiani@gmail.comSri Rustiyantiwandalistiani@gmail.comAnrilia E.M Ningdyahwandalistiani@gmail.com<p>Simulasi tindakan sebagai strategi intervensi ketangguhan mental dan tindakan kreativitas bagi mahasiswa di perguruan tinggi seni. Simulasi mental ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesadaran diri pada mahasiswa dan penguatan karakter tangguh. Simulasi mental sebagai cara mempersiapkan mahasiswa seni untuk meningkatkan mentalitas unggul dalam menghadapi situasi yang berpotensi gangguan mental atau stress yang berasal dari dalam dan luar lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan analisis literatur dan teknik simulasi mental pada 15 mahasiswa perguruan tinggi seni di Bandung. Hasil penelitian menunjukan tingkat ketangguhan mental dan kreativitas pada tahap simultasi mental mahasiswa seni di perguruan tinggi seni.</p>2025-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1016WebLab Silek Minangkabau: Digitalisasi Media Pembelajaran Pencak Silat di Surau dan Rumah Gadang2025-03-27T03:54:30+00:00Sri Rustiyantirustiyantisri@yahoo.comWanda Listianirustiyantisri@yahoo.comAnrilia E.M. Ningdyahrustiyantisri@yahoo.comSriati Dwiatminirustiyantisri@yahoo.comSuryanti Suryantirustiyantisri@yahoo.com<p>Penelitian ini menjelaskan peran penting media pembelajaran pencak silat dengan fokus pada surau dan rumah gadang sebagai pusat pendidikan pencak silat tradisional. Permasalahan yang diangkat, pencak silat sebagai warisan budaya menjadi media pembelajaran agar tetap relevan dalam era globalisasi. Penelitian ini mengeksplorasi upaya resilliensi dan reinventing pencak silat dengan merujuk pada sejarah silek Minangkabau sebagai bagian dari pendidikan tradisional yang dilakukan di surau dan rumah gadang. Hasil penelitian ini untuk memahami tradisi pencak silat dapat diadaptasi dan dikembangkan menjadi media pembelajaran, dengan menyesuaikan kebutuhan zaman modern, tanpa mengorbankan nilai-nilai luhurnya. Upaya strategi digitalisasi silek Minangkabau memperkuat posisi pencak silat sebagai media pembelajaran sekaligus sebagai identitas nasional. Pencak silat telah ditetapkan oleh UNESCO menjadi milik identitas nasional Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji peran pencak silat dalam membentuk karakter dan nilai-nilai luhur masyarakat Minangkabau, khususnya melalui pendidikan yang berlangsung di surau dan rumah gadang serta digitalisasi arsip silek Minangkabau berbasis website. Metode sejarah digunakan untuk menggali sejarah pusat pendidikan pencak silat di Minangkabau, khususnya di surau dan rumah gadang. Melalui kajian literatur, artefak, wawancara dengan para ahli, dan analisis data historis, untuk mengungkapkan bagaimana pencak silat tidak hanya sekadar seni bela diri, tetapi juga merupakan nilai-nilai luhur dan identitas budaya Minangkabau.</p>2025-03-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1022Perspektif Islam Tentang Aborsi: Antara Kesehatan Reproduksi dan Nilai-Nilai Agama2025-03-27T04:17:19+00:00Arman Ardiansyahardiansyaharman24@gmail.comNovi Dwiyantiardiansyaharman24@gmail.comSiti Juariyahardiansyaharman24@gmail.comAcep Rizki Al-Fathirardiansyaharman24@gmail.comFiqra Muhamad Nazibardiansyaharman24@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang aborsi dalam perspektif Islam dan kesehatan reproduksi. Artikel ini disusun menggunakan metode <em>literature review.</em> Hasil seleksi dari 40 artikel tentang aborsi, kesehatan reproduksi dan pendidikan seksual dalam pandangan islam. Kemudian penulis memilih 30 artikel yang dipandang layak untuk dijadikan referensi artikel ini. Hasil yang ditemukan diantaranya pengelompokkan jenis aborsi menjadi tiga kategori: spontan, medis, dan kriminal. Aborsi spontan terjadi secara alami, sedangkan aborsi medis diperbolehkan dalam situasi darurat yang mengancam nyawa ibu. Aborsi kriminal, sebaliknya, dilakukan tanpa indikasi medis dan dianggap haram. Berbagai mazhab memberikan pandangan berbeda tentang waktu dan kondisi di mana aborsi dapat diterima. Selain itu, artikel ini juga menyoroti pentingnya kesehatan reproduksi, terutama di Indonesia, dimana isu pernikahan dini dan aborsi tinggi. Pendidikan kesehatan reproduksi yang memadai sangat diperlukan untuk mencegah perilaku seksual berisiko di kalangan remaja. Dengan pendekatan yang tepat, pendidikan seks dalam Islam dapat membantu membentuk karakter dan akhlak yang baik, serta meningkatkan kesadaran tentang kesehatan reproduksi.</p>2025-03-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1079Systematic Literature Review: Pengoptimalan Media Pembelajaran dalam Implementasi Layanan Konseling untuk Anak Berkebutuhan Khusus 2025-03-28T01:14:47+00:00Ratna Tri Utamiratnatriutami020690@gmail.comMuhammad Ubaidillahm.ubaidillah369@fkip.unila.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tren dan perkembangan penelitian media pembelajaran untuk layanan konseling serta menganalisis elemen-elemen kunci dalam konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>systematic literature review</em> dengan memanfaatkan 54 artikel ilmiah yang bersumber dari database Scopus. Tinjauan artikel dilakukan menggunakan aplikasi <em>Vosviewer</em>. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam bidang penelitian ini sejak 2018, didorong oleh kemajuan teknologi pendidikan dan meningkatnya kesadaran akan pendidikan inklusif, meskipun kontribusi dari negara berkembang masih terbatas, sehingga menekankan perlunya kolaborasi internasional. Tinjauan ini menyoroti pentingnya pendekatan holistik yang mengintegrasikan dukungan orang tua dan media pembelajaran yang disesuaikan untuk mengembangkan layanan konseling yang inklusif, efektif, dan berfokus pada kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan roadmap penelitian tentang media pembelajaran dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Keterbatasan penelitian ini adalah penggunaan artikel yang hanya bersumber dari database Scopus, sehingga mungkin tidak mewakili secara komprehensif isu-isu media pembelajaran dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian selanjutnya perlu memasukkan artikel dari database internasional bereputasi lainnya, seperti <em>Web of Science</em> dan <em>Dimensions Scholars.</em></p>2025-03-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1080Peran Role Model Guru dalam Mengembangkan Kepribadian Anak di MI Miftahul Ulum2025-03-28T01:27:10+00:00Ihdah GolbyahIhdagolbyah10@gmail.comRika Purnamasaririkapurnamasari057@gmail.com<p>Guru memegang peranan penting dalam pembentukan kepribadian siswa, terutama pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI). Misalnya, guru tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan dalam menerapkan nilai-nilai moral, keagamaan, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam pengembangan kepribadian siswa di MI Miftahul Ulum, dengan menyoroti keteladanan yang ditunjukkan, strategi yang diterapkan, dan tantangan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. penelitian menunjukkan bahwa guru di MI Miftahul Ulum berperan penting dalam membentuk karakter siswa melalui keteladanan dalam kedisiplinan, tanggung jawab, dan empati. Guru juga berkontribusi dalam mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan ke dalam kegiatan sehari-hari siswa, seperti praktik ibadah bersama dan bimbingan moral. Meskipun demikian, penelitian ini mengidentifikasi tantangan, termasuk pengaruh teknologi, media sosial, dan budaya luar yang dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian siswa. Secara keseluruhan, peran guru sebagai teladan memiliki dampak yang signifikan dalam pengembangan kepribadian siswa di MI. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk terus meningkatkan kompetensinya agar dapat menjadi figur yang relevan dan efektif dalam mendukung pembentukan karakter generasi muda yang berakhlak baik.</p>2025-03-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1081Gen Z dalam Bahaya Maraknya Penggunaan Narkoba di Kalangan Remaja2025-03-28T06:38:45+00:00Astiela Sibilunnajahrusydang@gmail.comGalih Rusydan Mubarokrusydang@gmail.comM. Ihda Hidayatur Ramadanrusydang@gmail.comRijal Jainal Arifinrusydang@gmail.comFiqra Muhammad Nazibrusydang@gmail.com<p>Narkotika sebenarnya merupakan bahan yang digunakan dalam bidang medis untuk berbagai jenis pengobatan. Remaja pelaku dan pecandu didorong untuk menjalani terapi rehabilitasi untuk pulih dari kecanduannya dan mendapatkan kembali fungsi sosial dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara literatur review dengan judul “Gen Z dalam bahaya maraknya penggunaan narkoba di kalangan remaja”. Penelitian ini mengadopsi metode systematic literature review (SLR) yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu penentuan topik pencarian, pemilihan literatur, analisis dan interpretasi, penyusunan draf, serta seminar hasil. Sebanyak 24 artikel dipilih dari 30 artikel yang dikumpulkan dari berbagai sumber, dengan tahun publikasi antara 2017 hingga 2024. Fokus kajian pada tiga aspek yaitu peran lingkungan, permasalahan dan pencegahan kecanduan narkoba. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Keluarga berperan sebagai sumber dukungan emosional bagi remaja, (2) Keinginan remaja untuk menunjukkan sisi pemberontak dan mencari perhatian sering kali membuat mereka tergoda untuk mencoba narkoba, terutama ketika mereka merasa tertekan oleh teman-temannya, (3) Pencegahan kecanduan narkoba pada remaja membutuhkan pendekatan yang menyeluruh, pendekatan sosial yang efektif, seperti menciptakan komunitas yang saling mendukung dan menyediakan kegiatan positif, bisa menjadi pertahanan yang kuat.</p>2025-03-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1082Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar2025-03-29T04:00:39+00:00Iin Kurniawatiiinkurnia875@gmail.comHandoko Handokoiinkurnia875@gmail.comRiswandi Riswandiiinkurnia875@gmail.comHerpratiwi Herpratiwiiinkurnia875@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar 2) mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru di sekolah dasar 3) mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah dah lingkungan kerja terhadap kinerja guru di sekolah dasar. Penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan korelasi dengan desain penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah guru di SD Negeri Se-Gugus Melati Kecamatan Metro Pusat, dengan sampel 86 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 1) terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar yang ditunjukkan berdasarkan nilai F<sub>hitung</sub> = 80,018 > F<sub>tabel</sub> 1,46 dengan kontribusi sebesar 48,8% terhadap kinerja guru. 2) terdapat pengaruh positif antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar yang ditunjukkan berdasarkan nilai F<sub>hitung</sub> = 87,779 > F<sub>tabel</sub> 1,46 dengan kontribusi sebesar 51,1% terhadap kinerja guru. 3) terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar yang ditunjukkan berdasarkan nilai F<sub>hitung</sub> = 72,052 > F<sub>tabel</sub> = 1,46 dengan kontribusi sebesar 62,6% terhadap kinerja guru sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.</p>2025-03-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1083Manajemen Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMA Negeri 8 Surabaya2025-03-29T04:13:41+00:00Yeni Endianayeniendiana02@gmail.com<p>Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban institusi pendidikan dalam memenuhi standar mutu pendidikan. Dengan adanya sarana dan prasarana pendidikan yang terpelihara dengan baik, maka akan mendukung jalannya proses pembelajaran dengan baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana manajemen pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Negeri 8 Surabaya. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik dalam mengumpulkan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, manajemen pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Negeri 8 Surabaya dilakukan melalui beberapa tahapan. 1) Tahap perencanaan, mencakup perencanaan jangka pendek dan perencanaan jangka panjang. 2) Tahap pengorganisasian. 3) Tahap pembiayaan sarana prasarana bersumber dari dana BOS, BPOPP dan komite sekolah. 4) Tahap pelaksanaan pemeliharaan sarana prasarana melalui pemeliharaan rutin dan preventif. 5) Tahap inventarisasi dan pelaporan sarana prasarana melalui aplikasi Simbada, Dapodik dan Simas. 6) Upaya strategis dalam mendukung pemeliharaan sarana prasarana melalui program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kurikulum Merdeka serta melakukan kerjasama antara pihak sekolah dan warga sekitar sekolah. Diharapkan adanya penelitian ini dapat memberikan gambaran dan motivasi untuk sekolah lainnya dalam memelihara sarana dan prasarana sekolah mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya.</p>2025-03-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1084Nilai Religiositas pada Naskah Buku Kulit Kayu Koleksi Museum Lampung No. 2476 sebagai Media Pembelajaran 2025-03-29T04:23:35+00:00Roma Kyo Kae Saniroromakyokae@hum.unand.ac.idM. Yusufromakyokae@hum.unand.ac.idAndina Meutia Hawaromakyokae@hum.unand.ac.idNoni Sukmawatiromakyokae@hum.unand.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai religiositas yang terkandung dalam naskah Buku Kulit Kayu koleksi Museum Lampung no. 2476. Naskah ini terdiri atas 2 bagian, muka A dan muka B. Namun, penelitian ini menekankan pada muka A. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan filologi dan semiotik untuk membongkar makna yang terkandung di dalam naskah sebagai makna religiositasnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa adanya masyarakat Lampung bersifat religius yang ditandai melalui doa dan mantra di dalam naskah. Doa yang terdapat di dalamnya adalah doa untuk pengharapan keselamatan dan rezeki. Selain itu, mantra di dalam naskah berisi mengenai mantra penolak setan, menangkal fitnah, dengki, dan perbuatan jahat. Nilai-nilai religiositas yang terkandung dalam naskah ini tidak hanya merefleksikan karakter spiritual masyarakat Lampung, tetapi juga memiliki relevansi sebagai sumber pendidikan karakter. Naskah ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai moral, spiritualitas, dan budaya kepada generasi muda sehingga memperkuat pemahaman mereka terhadap warisan budaya lokal yang sarat makna edukatif.</p>2025-03-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1089Mindful, Meaningful, dan Joyful Learning di PAUD: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis2025-03-30T07:31:18+00:00Muhamad Kosim Gifarimkgifari@gmail.comRustian Akbar Gunadimkgifari@gmail.comRatna Dewimkgifari@gmail.com<p><em>Mindful, meaningful, </em>dan<em> joyful learning</em> merupakan pendekatan pembelajaran yang bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang sadar, bermakna, dan menyenangkan bagi anak usia dini. Namun, implementasi ketiga pendekatan ini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih menghadapi tantangan, terutama dalam integrasi dengan kurikulum berbasis bermain. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau tren serta implementasi <em>mindful, meaningful, </em>dan<em> joyful learning</em> di PAUD melalui tinjauan literatur sistematis. Penelitian ini menggunakan metode <em>Systematic Literature Review</em> (SLR) berbasis pedoman <em>Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses</em> (PRISMA) 2020 dengan sumber data dari <em>Scopus</em> (2015–2024). Hasil menunjukkan bahwa tren penelitian meningkat signifikan setelah 2019, terutama dalam <em>mindful learning</em> yang dikaitkan dengan regulasi emosi dan keterampilan sosial-emosional anak. <em>Meaningful learning</em> diterapkan melalui pendekatan bermain dan keterlibatan keluarga, sementara joyful learning menekankan lingkungan belajar yang inklusif dan partisipatif. Ketiga pendekatan ini berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD. Namun, tantangan dalam integrasi dengan kurikulum berbasis bermain serta keterbatasan pelatihan guru masih menjadi kendala utama. Oleh karena itu, diperlukan strategi lebih sistematis, termasuk pelatihan guru dan peningkatan keterlibatan orang tua, untuk memastikan implementasi yang efektif dalam pembelajaran anak usia dini.</p>2025-03-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1090Literature Review: Implementasi PjBL-STEM dalam Pembelajaran IPA2025-03-31T23:47:34+00:00Destama Einstean Shodiqdestamae29@gmail.comMuzazzinah Muzazzinahdestamae29@gmail.comPrabang Setyonodestamae29@gmail.com<p>Pembelajaran PjBL-STEM menjadi kajian yang menarik dalam pembelajaran IPA. Integrasi model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan STEM menjadi tren pembelajaran IPA yang kreatif dan inovatif. Pembelajaran PjBL-STEM dapat meningkatkan keterampilan Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi PjBL-STEM pada pembelajaran IPA. Metode penelitian menggunakan literatur review dengan mengumpulkan dan menganalisis penelitian penelitian dari database Google Scholar terkait topik PjBL-STEM dalam pembelajaran IPA. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran PjBL-STEM dapat meningkatkan keterampilan abad 21. PjBL-STEM dapat diimplementasikan dalam pembelajaran IPA melalui model, modul, LKPD, media, bahkan perangkat pembelajaran.</p>2025-04-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 0 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/1091Implementasi Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus2025-04-01T00:26:29+00:00Ayu Sri Asihayyusriasih011001@gmail.comBunga Mahrivabmahriva@gmail.comMuhammad Alfaazmalfaaz06@gmail.comAni siti Anisahsitianisah@uniga.ac.id<p>Pendidikan merupakan elemen penting dalam kemajuan suatu bangsa, termasuk pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang dijamin oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk ABK melalui pendekatan tinjauan literatur (Literature Review). Kajian dilakukan terhadap 15 artikel relevan yang mencakup berbagai jenjang pendidikan, seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran PAI untuk ABK tidak jauh berbeda dengan pembelajaran reguler, yaitu berpedoman pada silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan penyesuaian terhadap kebutuhan individu siswa. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui pendekatan komunikasi dan bahasa, menggunakan metode, media, serta strategi yang dirancang sesuai karakteristik siswa. Evaluasi pembelajaran menilai pemahaman kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, serta perilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menunjukkan pentingnya pengelolaan pembelajaran yang inklusif dan adaptif untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi ABK.</p>2025-04-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 0