Efektivitas Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar

Authors

  • Nurdin Nurdin Universitas Negeri Makassar

Keywords:

efektivitas, pelajar pancasila, P5, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah dasar. Metode kuantitatif digunakan dengan melibatkan 50 guru di SD penggerak sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, efektivitas implementasi P5 mencapai 75,63%. Aspek perencanaan dan persiapan, pelaksanaan, asesmen, serta dampak terhadap siswa menunjukkan berjalan efektif. Kendala utama yang dihadapi guru terkait pemahaman konsep P5 dan ketersediaan modul yang lebih detail. Kesimpulannya, implementasi P5 berjalan efektif namun perlu ditingkatkan melalui penguatan kapasitas guru, penyediaan sumber daya yang memadai, serta pengembangan model pembelajaran dan instrumen asesmen yang lebih komprehensif. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi berbagai pihak untuk mendukung keberhasilan implementasi P5.

Downloads

Published

2025-03-26