Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 101765 Bandar Setia
Keywords:
hasil belajar, numbered head together, pembelajaran aktif, pknAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 101765 Bandar Setia. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode eksperimen yaitu membandingkan dua atau lebih kelas dengan perlakuan dan tanpa perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101765 Bandar Setia pada bulan Januari 2025. Dengan menggunakan teknik probability sampling dengan jenis random sampling diperoleh sampel penelitian siswa kelas V sebanyak dua kelas dengan masing-masing 25 responden. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes berbentuk soal pilihan berganda. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan teknik statistik inferensial menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sebesar 86,16 sedangkan pada kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 65,44. Berdasarkan rata-rata hasil belajar kelompok sisa yang menggunakan NHT lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model konvensional. Berdasarkan perhitungan pengujian perbedaan rata-rata dua sampel (uji-t) diketahui ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan model NHT dengan hasil belajar siswa dengan model konvensional. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 101765 Bandar Setia.