Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPAS Materi Siklus Hidup Hewan di Kelas III SDK Waiara
Keywords:
eksperimen, hasil belajar, media audio-visual, siklus hidup hewanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS materi siklus hidup hewan pada siswa kelas III SDK Waiara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif pre-experimental dengan menggunakan rancangan one-group pretest-posttest design. Dilakukan terhadap satu kelompok tanpa adanya kelompok kontrol atau pembanding. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 orang siswa kelas III SDK Waiara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, data pretest-posttest, dan uji hipotesis. Dari masing-masing hasil yang diperoleh menunjukan bahwa adanya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS materi siklus hidup hewan pada siswa kelas III SDK Waiara dengan diperoleh nilai rata-rata pretest siswa = 43, 84 dan pada posttest = 70,76 Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media video pembelajaran. Berdasarkan tabel output hasil uji t , diperoleh nilai signifikansi 0.001 < 0.05 yang artinya H0 ditolak dan H1 Diterima. Dengan begitu layak dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas III SDK Waiara.