Teknik Konseling Storytelling Anak Berkebutuhan Khusus: Systematic Literature Review
Keywords:
anak, berkebutuhan khusus, konseling, storytellingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan tinjauan pustaka mengenai tren penelitian storytelling, konsep utama dalam kajian literatur storytelling, serta hubungan antar topik dalam literatur konseling storytelling yang sering diterapkan. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah Systematic Literature Review yang menggunakan 33 artikel ilmiah bersumber dari database Scopus. Review artikel menggunakan aplikasi Vosviewer yang terfokus pada keterkaitan hasil penelitian satu dengan yang lainnya. Kemudian data temporal yang diolah sesuai dengan hasil penelitian terdahulu. Dan yang terakhir yaitu berkaitan dengan dominan literatur yang dikaji oleh peneliti. Hasil penelitian mengungkapkan teknik konseling storytelling terbukti efektif dan relevan dalam mendukung perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak berkebutuhan khusus, dengan tren penelitian yang semakin konsisten sejak 2016. Meski perhatian terhadap topik ini fluktuatif, storytelling memiliki potensi besar sebagai metode konseling yang fleksibel dan adaptif sehingga hasil penelitian ini berkontribusi pada pengembangan roadmap penelitian tentang teknik konseling yang sesuai untuk anak berkebutuhan khusus. Keterbatasan penelitian ini adalah artikel yang digunakan hanya bersumber dari database Scopus sehingga temuan penelitian tidak dapat menggambarkan secara komprehensif tentang teknik konseling storytelling dan anak berkebutuhan khusus di seluruh Dunia. Penelitian berikutnya perlu menggunakan artikel ilmiah yang bersumber database internasional bereputasi seperti Web of Science dan Dimensionds Scholars.