Implementasi Metode Bermain Peran untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia 4-5 Tahun di KB Arraudoh

Authors

  • Salma Wahdatusyahiroh STAI D.R K.H E.Z Muttaqien Purwakarta
  • Rika Purnamasari STAI D.R K.H E.Z Muttaqien Purwakarta

Keywords:

anak usia dini, kemampuan komunikasi, metode bermain peran

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi metode bermain peran untuk mengembangkan kemampuan komunikasi anak usia 4-5 tahun di KB ARRAUDOH. Tujuannya adalah untuk mengetahui keterampilan komunikasi anak dan menggali faktor serta keunggulan metode bermain peran.Komunikasi penting bagi anak usia 4-5 tahun sebagai cara mengungkapkan perasaan dan gagasan. Keterampilan ini perlu distimulasi sejak dini, salah satunya melalui metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran di KB ARRAUDOH memberikan dampak positif pada perkembangan komunikasi anak. Anak mampu berkomunikasi dengan baik, berpartisipasi aktif dalam kegiatan, bersosialisasi dengan baik, dan menunjukkan rasa peduli.Terdapat faktor penghambat seperti kurangnya ruang dan kondisi anak yang kurang percaya diri, namun guru berhasil mengatasinya dengan dukungan emosional dan interaktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain peran adalah strategi yang relevan dalam pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan komunikasi.

Downloads

Published

2025-03-26