Inovasi Media Pembelajaran Mengenal Lingkungan untuk Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Video Visual di TKIT Al Mahira

Authors

  • Eka Pratiwi Putri Suhanda STAI D.R K.H E.Z Muttaqien Purwakarta
  • Nia Nuraeni STAI D.R K.H E.Z Muttaqien Purwakarta
  • Rika Purnamasari STAI D.R K.H E.Z Muttaqien Purwakarta

Keywords:

anak usia 5-6 tahun, lingkungan hidup, media pembelajaran, video edukatif

Abstract

Inovasi media pembelajaran mengenal lingkungan untuk anak usia 5-6 tahun melalui video visual bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran anak terhadap lingkungan sekitar. Dalam era digital saat ini, penggunaan video sebagai alat bantu pembelajaran menawarkan pendekatan yang menarik dan interaktif. Penelitian ini mengembangkan  serangkaian video edukatif yang menyajikan informasi mengenai elemen-elemen lingkungan, seperti flora, fauna, dan ekosistem dengan cara yang mudah dipahami oleh anak-anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran mengenal lingkungan untuk anak usia 5-6 tahun melalui video visual di TKIT Al Mahira. Selain itu untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam penggunaan media pembelajaran.  Hasil dari penerapan media ini menunjukan peningkatan signifikan dalam pengetahuan anak tentang lingkungan, serta kemampuan mereka untuk mengidentifikasi dan menghargai keberagaman alam. Dengan demikian inovasi ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pemgembangan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak usia dini.

Downloads

Published

2025-03-26