Implementasi Penguatan Karakter Kedisiplinan pada Peserta Didik Kelas Rendah di UPTD SD Negeri Waringin Jaya
Keywords:
kedisiplinan, pendidikan, penguatan karakterAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah tingginya ketidakpatuhan pada kedisiplinan peserta didik di kelas rendah UPTD SD Negeri Waringin Jaya seperti datang terlambat ke sekolah, mengganggu teman saat mengerjakan tugas, membuat kegaduhan di kelas saat pembelajaran berlangsung, dan tidak menggunakan atribut sekolah lengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi proses penguatan karakter kedisiplinan pada peserta didik kelas rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik dari kelas 1, 2, dan 3. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembiasaan berhasil diterapkan untuk meningkatkan disiplin sikap pada peserta didik kelas rendah. Metode ini efektif dalam mengatasi kegaduhan di kelas rendah karena peserta didik usia dini lebih mudah memahami dan mempraktikkan aturan melalui pengulangan dan rutinitas. Meskipun ketidakpatuhan pada aspek disiplin sikap masih menjadi kendala yang dominan dikelas rendah, penerapan pembiasaan secara konsisten, disertai dengan pemberian penghargaan atas perilaku positif, mampu membantu peserta didik kelas rendah mengembangkan pengendalian diri dan mematuhi aturan di dalam kelas.