Stimulasi Bermain Puzzle untuk Mengembangkan Perkembangan Kognitif di TK. Madinatul Ilmi

Authors

  • Lisda Nurhasanah STAI D.R K.H E.Z Muttaqien Purwakarta
  • Rika Purnamasari STAI D.R K.H E.Z Muttaqien Purwakarta

Keywords:

bermain puzzle, kognitif, stimulasi

Abstract

Penelitian ini waktu yang sangat penting dalam perkembangan kognitif untuk anak, dan bertujuan untuk mengeksplorasi potensi permainan puzzle sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di TK Madinatul Ilmi. Masa usia dini adalah Rentang permainan puzzle dapat merangsang keterampilan berpikir logis, pengenalan bentuk, serta kemampuan memecahkan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik studi lapangan, yang mencakup wawancara mendalam dengan guru, observasi partisipatif terhadap kegiatan bermain anak, serta pencatatan anekdot dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan puzzle sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan kognitif anak, termasuk dalam hal koordinasi mata dan tangan, kemampuan berpikir logis, serta kesabaran. Selain itu, penggunaan puzzle juga memfasilitasi interaksi sosial antar anak dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Tantangan yang dihadapi dalam implementasi permainan puzzle meliputi keterbatasan waktu dan dukungan orang tua yang masih perlu ditingkatkan. Secara keseluruhan, permainan puzzle terbukti sebagai alat yang berpengaruh dalam mendukung perkembangan kognitif anak usia dini di TK Madinatul Ilmi.

Downloads

Published

2025-03-26