Membangun Karakter Anak Melalui Homeschooling Berbasis Agama Islam
Keywords:
agama islam, homeschooling, karakter anakAbstract
Homeschooling berbasis Islam bermanfaat untuk membangun karakter anak dengan menanamkan nilai-nilai moral dan etika Islam sejak dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan penjelasan dan gambaran yang mendalam terkait upaya membangun karakter anak melalui homeschooling berbasis agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memahami cara membangun nilai-nilai karakter Islami pada anak, (2) meningkatkan keterampilan anak, dan (3) mendorong kemandirian serta tanggung jawab pada anak. Tujuan utama pendidikan adalah mengembangkan seluruh potensi individu dalam mempersiapkan karakternya untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Tiga pusat utama pendidikan adalah keluarga, sekolah, dan masyarakat, dengan konsep “jalur pendidikan” menggantikan rumusan Ki Hajar Dewantara. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidik untuk melaksanakan pengajaran homeschooling memerlukan silabus yang dirancang sebelum pembelajaran dilakukan. Di samping merancang pembelajaran, pendidik melakukan beberapa strategi dan kurikulum yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, tantangan yang dihadapi oleh pendidik meliputi dalam pembelajaran yang harus ekstra sabar dikarenakan anak masih dalam dikategorikan otak bermain sehingga metode dan media nya harus sambil dibarengi dengan bermain.