Enhancing EFL Students' Listening Skill by Using the Dictogloss Strategy

Authors

  • Fitriani Universitas Negeri Makassar
  • Yaya Nurcahya STKIP YPUP Makassar

Keywords:

keterampilan mendengarkan, pengajaran bahasa inggris, strategi dictogloss

Abstract

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah strategi Dictogloss dapat membantu siswa EFL (Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing) di SMP Bajiminasa Makassar meningkatkan keterampilan mendengarkan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kuasi-eksperimental. Siswa kelas tiga tahun ajaran 2021–2022 SMP Bajiminasa Makassar menjadi sampel penelitian yang terdiri dari 58 siswa yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Analisis data menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara skor keterampilan mendengarkan siswa pada pre-test dan post-test; skor kelas eksperimen adalah 53,97, sementara skor pre-test kelas kontrol adalah (55,52>79,31) dan (64,48), dan hasil uji t lebih tinggi daripada t-tabel (6,720>2,00). Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas tiga di SMP Bajiminasa Makassar dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan mereka dengan menerapkan Strategi Dictogloss.

Downloads

Published

2024-04-01