Enhancing EFL Students' Listening Skill by Using the Dictogloss Strategy
Keywords:
keterampilan mendengarkan, pengajaran bahasa inggris, strategi dictoglossAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah strategi Dictogloss dapat membantu siswa EFL (Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing) di SMP Bajiminasa Makassar meningkatkan keterampilan mendengarkan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kuasi-eksperimental. Siswa kelas tiga tahun ajaran 2021–2022 SMP Bajiminasa Makassar menjadi sampel penelitian yang terdiri dari 58 siswa yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Analisis data menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara skor keterampilan mendengarkan siswa pada pre-test dan post-test; skor kelas eksperimen adalah 53,97, sementara skor pre-test kelas kontrol adalah (55,52>79,31) dan (64,48), dan hasil uji t lebih tinggi daripada t-tabel (6,720>2,00). Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas tiga di SMP Bajiminasa Makassar dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan mereka dengan menerapkan Strategi Dictogloss.