Penanaman Nilai Moral dan Agama dengan Metode Pembiasaan di MIS Azrina Medan
Keywords:
metode pembiasaan, nilai agama, nilai moralAbstract
Pengembangan nilai moral agama erat kaitannya tentang budi pekerti seorang anak, sikap sopan santun, kemauan melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Dalam lingkup perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak diharapkan dapat membedakan prilaku baik dan buruk. Era society 5.0 saat ini pendidikan bukan hanya bertujuan untuk membentuk manusia yang cerdas otaknya dan terampil dalam mengerjakan tugas yang diberi guru, namun dari dunia pendidikan siswa diharapkan menjadi suatu anggota dari masyarakat yang mempunyai moral kemudian mewujudkan manusia yang selalu berpikiran positif serta memiliki moral dalam menjalankan kehidupannya. Pendidikan karakter sendiri sangat diperlukan untuk menanamkan nilai moral dan agama, salah satunya dengan metode pembiasaan. Motode pembiasan dilakukan secara intensif, sehingga bisa menanamkan nilai moral dan agama siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil kegiatan yang dilakukan melalui metode pembiasaan dapat mengembangkan nilai moral dan agama siswa kelas 2 Abu Bakar, ada perubahan dari sikap dan perilaku siswa dengan secara mandiri mereka berdoa saat guru belum masuk kedalam kelas, mengingatkan teman untuk beristigfar saat mengucapkan perkataan tidak baik