Pengaruh Kompetensi Profesional Terhadap Peningkatan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi di Institut Parahikma Indonesia

Authors

  • Nurul Haeriyah Ridwan Universitas Negeri Makassar

Keywords:

kinerja dosen, kompetensi profesional, profesionalisme

Abstract

Salah satu ukuran kinerja Institusi adalah tingkat kompetensi dan keterampilan dosen. Begitu pula dengan profesi mereka, karena. Guru atau dosen memberikan tantangan dalam pengajaran teknisnya sebagai inovator bagi generasi muda. Mereka dapat mempengaruhi kehidupan siswanya dengan memberikan penghargaan dan pandangan positif dalam mengajar di antara mereka, namun demikian, kompetensi profesional dan tingkat kinerja Institusi memiliki banyak tantangan dalam  membekali dosen tentang tren kerja terkini dalam membentuk dan membentuk masa depan mahasiswa. Dalam penulisan jurnal ini, penulis menggunakan cara pengumpulan data melalui kuesioner berupa daftar pertanyaan yang disebarkan kepada seluruh Dosen Tetap Institut Parahikma Indonesia. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja dosen, digunakan skala likert. Skala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau kelompok orang tentang fenomenal sosial. Dengan skala likert, maka variabel yang diukur dan dijabarkan menjadi indikator variabel. Populasi dalam penelitian ini dilakukan kepada seluruh dosen Institut Parahikma Indonesia yang berjumlah 45 orang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik Sampling Jenuh. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah 45 orang dosen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan persamaan regresi linier sederhana. Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa kompetensi profesional berpengaruh signifikan terhadap Kinerja dosen di Institut Parahikma Indonesia.

Downloads

Published

2024-04-01