Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 14 Banda Aceh pada Materi Segiempat Ditinjau dari Self-Esteem

Authors

  • Rahmadayani Universitas Serambi Mekkah
  • Cut Nurul Fahmi Universitas Serambi Mekkah
  • Nur Ainun Universitas Serambi Mekkah
  • Khairul Asri Universitas Serambi Mekkah
  • Rini Sulastri Universitas Serambi Mekkah

Keywords:

pemahaman konsep, segiempat, self-esteem

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah suatu kemampuan penting yang harus dikuasai oleh siswa. Salah satu faktor yang terkait dengan pemahaman konsep matematis siswa adalah sel-esteem. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 14 Banda Aceh pada materi segiempat ditinjau dari sel-esteem. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Banda Aceh pada tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 25 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis sebanyak tiga soal dan angket self-esteem memuat empat aspek yaitu keberartian, kompetensi, kekuatan, dan kebijakan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode triangulasi digunakan untuk menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami konsep matematis siswa ditinjau self-esteem berbeda. Siswa dengan tingkat self-esteem tinggi dapat mencapai tiga dari empat indikator kemampuan memahami konsep matematika, siswa dengan tingkat self-esteem sedang dapat mencapai tiga indikator, dan siswa dengan tingkat kepercayaan diri rendah dapat mencapai dua indikator.

Downloads

Published

2024-04-01