Improvisasi Pendidikan melalui Modul Ajar Berbasis Digital dalam Meningkatkan Intelektual Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Furqan Palangka Raya

Authors

  • Hamdi IAIN Palangka Raya
  • Setria Utama Rizal IAIN Palangka Raya
  • Siti Norhidayah IAIN Palangka Raya

Keywords:

improvisasi pendidikan, intelektual siswa, modul ajar berbasis digital

Abstract

Adanya kemajuan zaman tentunya tatanan didunia pendidikan juga akan diperbaharui, melihat selama pandemi aktivitas pendidikan terhalang dan tidak bisa berjalan sedemikian rupa. Aktivitas pendidikan di era pandemi maupun New Normal kebanyakan serba digital, yang didalamnya terdapat pengaruh bagi dunia pendidikan yakni informasi yang didapat bisa mempengaruhi pola pikir  dan daya belajar serta akan hilangnya  capaian hasil belajar (learning loss), yang disebabkan terhentinya proses pembelajaran di sistem pembelajaran dan daya Intelektual rendah, oleh karena itu perlu adanya  improvisasi didunia pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Improvisasi Pendidikan Melalui Modul Ajar Berbasis digital dalam Meningkatkan Intelektual Siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatatif deskriftif, subjek data berjumlah 2 orang (Guru Kelas IV dan Siswa). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman (1984), menggali dan meninjau kembali data sampai diperoleh data yang jenuh, yakni dilakukan dengan mengumpulkan seluruh data, kemudian mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya improvisasi didunia pendidikan memberikan dampak positif peningkatan  intelektual siswa dan melatih literasi digital siswa melalui digitalisasi pembelajaran berupa pemanfaatan modul ajar berbasis digital.

Downloads

Published

2024-04-01