Profesionalisme Guru dalam Mendidik Pola Perilaku Siswa pada Sekolah Penggerak di MA Darul Ulum Palangka Raya

Authors

  • Saiful Lutfi IAIN Palangka Raya
  • Hamdi IAIN Palangka Raya
  • Norhidayani IAIN Palangka Raya

Keywords:

perilaku siswa, profesionalisme guru, sekolah penggerak

Abstract

Adanya kemajuan zaman membuat pola perilaku terpengaruh dan terkikisnya adab, baik pengaruh lingkungan maupun kurangnya kendali orang tua dan guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Profesionalisme Guru dalam Mendidik Pola Perilaku Siswa Pada Sekolah Penggerak di MA Darul Ulum Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Subjek data berjumlah 3 orang (1 orang Guru, wakamad Kurikulum dan Kepala sekolah). 1orang guru untuk memperoleh peran guru dalam menanamkan pola perilaku siswa, wakamad kurikulum untuk memperoleh terkait pelaksanaan kurikulum merdeka dan dengan kepala sekolah untuk memperoleh bagaimana kendali kebijakan kurikulum merdeka yang ada di MA Darul Ulum Palangka Raya. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman (1984), menggali dan meninjau kembali data sampai diperoleh data yang jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Profesionalisme Guru sangat berperan penting dalam membentuk pola perilaku siswa, khususnya dalam mewujudkan karakter pelajar pancasila di sekolah penggerak yang mana dalam proses pembelajaran guru harus bisa menguasai siswa sehingga akan mudah membentuk pola perilaku siswa dalam keseharian, hal ini diwujudkan dengan menanamkan sikap berwibawa kepada siswa agar tingkat kesetaraan tidak ada dalam mendidik.

Downloads

Published

2024-04-01