Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Menggunakan Media Pembelajaran Flash Card pada Siswa Kelas VII MTs Arifah Gowa

Authors

  • Ahmad Suryadi UIN Alauddin Makassar
  • Husnusaadah UIN Alauddin Makassar
  • Hapsah UIN Alauddin Makassar
  • Ratnasari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

media pembelajaran flash card, minat belajar, pembelajaran sejarah kebudayaan islam

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal dan mengingat gambar berhala menggunakan media pembelajaran flash card pada siswa kelas VII MTs Arifah Gowa Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Menurut Suharsimi Arikunto, dkk (2007: 3) penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan dari kegiatan pembelajaran berupa tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi pada sebuah kelas secara bersama. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan media pembelajaran flash card pada siswa kelas VII MTs Arifah Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Pada siklus I pada pertemuan pertama persentase keaktifan siswa sebesar 34,29%, kemudian pada pertemuan kedua rata-rata persentase keaktifan siswa ialah 54,28%. Sedangkan pada siklus II pada pertemuan ke-1 dan ke-2 meningkat menjadi 74,28% dan 88,57%.  Hasil evaluasi pada saat pra siklus rata-rata nilai ketuntasan yang didapat ialah 70.57, siklus pertama nilai rata-rata yang diperoleh ialah 78,54 dan siklus kedua rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 84.63.

Downloads

Published

2024-04-01