Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV di UPTD SDN 122349 Pematangsintar Tahun Ajaran 2023/2024
Keywords:
hasil belajar IPA, model pembelajaran, quantum teachingAbstract
Penelitian ini dipicu oleh rendahnya nilai belajar IPA dan kurangnya keterlibatan dalam proses pembelajaran di kelas IV UPTD SDN 122349 Pematangsiantar. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai apakah penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap nilai belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas IV UPTD SDN 122349 Pematangsiantar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Lokasi penelitian ini adalah UPTD SDN 122349 Pematangsiantar. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2023/2024 dengan jumlah sampel penelitian yaitu 32 siswa. Instrumen penelitian soal tes hasil belajar berjumlah 20 dengan bentuk soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA satu jalan. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis yang tertulis pada lampiran, yaitu: "Hipotesis diterima (H_0:µ_A1=µ_A2) ditolak, jika Fh > Ft pada taraf signifikansi 0,05". Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak dari penggunaan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 122439 Pematangsiantar.