Sekolah Penggerak sebagai Katalis: Apa Upaya untuk Mendukung Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru?
Keywords:
guru, kepala sekolah, pengembangan keprofesian berkelanjutan, sekolah penggerakAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran sekolah penggerak dalam implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru. Penelitian dilakukan di tiga SMA Negeri di Jakarta yang sudah menjadi sekolah penggerak. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Secara umum implementasi PKB guru SMA Negeri di Jakarta sebagai sekolah penggerak belum berjalan dengan maksimal karena unsur publikasi ilmiah belum dilakukan berdasarkan program PKB. Kepala sekolah selaku koordinator PKB di masing-masing sekolah belum mengadakan sosialisasi program PKB. Oleh karena itu, perlu melakukan evaluasi atau tindakan penyuluhan dan menyadarkan guru akan keikutsertaan dalam program PKB agar pelatihan yang diberikan bermutu dan berkualitas khususnya di sekolah penggerak. Adapun peran sekolah melalui kepala sekolah dalam implementasi PKB di sekolah penggerak, yaitu kepemimpinan, pembimbingan, pelatihan, dan evaluasi kegiatan guru.