Membangun Zona Alfa Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan di Finlandia
Keywords:
finlandia, PAI, sekolah dasar, zona alfaAbstract
Dewasa ini, dunia pendidikan sedang dihadapkan dengan beragam permasalahan yang sifatnya multidimensi dan harus diperhatikan dengan seksama. Salah satu permasalahan itu adalah ulah sekolah yang dengan sengaja mematikan potensi keberhasilan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini berusaha menguraikan upaya yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk membangun pembelajarannya berbasis zona alfa. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan Systematic Literatur Review (SLR). Hasil dari penelitian ini ditemukan tiga unsur pilar terpenting dalam menciptakan alfa zone itu sendiri dalam proses belajar di dalam kelas. Ketiga pilar itu adalah konsep sekolahnya manusia, gurunya manusia, dan murid yang harus ditumbuhkan sebagai murid seorang manusia. Ketiga pilar ini merupakan esensi pendidikan di Finlandia yang harus diperhatikan oleh seorang guru dalam membangun zona alfa dalam proses belajar mengajar. Zona alfa inilah yang akan menjadikan pembelajaran di dalam kelas menjadi pembelajaran yang dicintai oleh peserta didik dan menumbuhkan setiap potensi unik yang dimiliki oleh para peserta didik. Ketika pembelajaran dibenahi dalam dimensi guru, sekolah, dan peserta didik secara komprehensif, maka pembenahan ini akan memicu pertumbuhan dan perkembangan maksimal peserta didik dalam proses belajarnya di dalam kelas.