Evaluasi Penggunaan Alat dan Aplikasi Teknologi sebagai Pendukung Kemampuan Meneliti Siswa pada Masa Society 5.0
Keywords:
kemampuan meneliti siswa, society 5.0, teknologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran serta dampak penggunaan alat dan aplikasi teknologi dalam mendukung kemampuan meneliti siswa SMA pada masa Society 5.0. Di era yang semakin terintegrasi dengan teknologi, peran teknologi dalam pendidikan menjadi sangat penting. Fokus penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana alat dan aplikasi teknologi digunakan dalam lingkungan pendidikan untuk memperkuat keterampilan meneliti siswa di masa depan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi serta analisis statistik deskriptif. Tujuannya adalah untuk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang efektivitas penggunaan teknologi dalam mendukung kemampuan meneliti siswa, serta memahami persepsi mereka terhadap dampak teknologi dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman kita tentang bagaimana teknologi dapat dioptimalkan sebagai alat pendukung kemampuan meneliti siswa di masa Society 5.0. Implikasi dari temuan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi sekolah untuk menyusun program administrasi dan manajemen pengembangan riset di sekolah dan bagi guru untuk memanfaatkan teknologi secara efektif guna meningkatkan kemampuan meneliti siswa dalam mata pelajaran dan kegiatan lainnya di era Society 5.0.