Pengaruh Pembelajaran Berbasis Indigenous Knowlagde Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Pembelajaran IPA: Meta-Analisis

Authors

  • Loly Suwandani Universitas Lampung
  • Sunyono Universitas Lampung

Keywords:

indigenous knowlagde, meta-analisis, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian meta-analisis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis indigenous knowlagde terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA. Studi ini mengintegrasikan hasil studi primer dari beberapa studi yang telah dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dari hasil sembilan jurnal internasional dan dua jurnal nasional yang melibatkan pembelajaran berbasis indigenous knowlagde pembelajaran IPA sebagai kajian utama. Pencarian dilakukan melalui mesin pencari Google, menggunakan Eric Jurnal, Google Scholar, dan Sematic Scholar dengan kata kunci indigenous knowlagde dan etnosains. Analisis data merupakan deskripsi hasil rata-rata effect size dari masing-masing sampel penelitian kemudian dikategorikan berdasarkan interpretasi Cohen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis indigenous knowlagde dalam pembelajaran IPA memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan rata-rata effect size sebesar 2,196. Perbedaan peningkatan prestasi belajar didasarkan pada kelompok negara, bidang studi, dan tingkat pendidikan. Disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis indigenous knowlagde dalam pembelajaran IPA berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik.

Downloads

Published

2024-04-01