Kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA): Sebuah Kajian Literatur Implementasi dan Dampaknya di Sekolah Dasar

Authors

  • Achmad Khomsin Universitas Negeri Jakarta
  • Indra Jaya Universitas Negeri Jakarta
  • Nidya Chandra Muji Utami Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

kajian literatur, sekolah dasar, sekolah ramah anak

Abstract

Sekolah Ramah Anak (SRA) merupakan konsep pendidikan yang bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan anak, dengan penekanan pada aspek kesejahteraan fisik, psikologis, dan sosial. Fokus utama penelitian adalah memberikan gambaran komprehensif tentang bagaimana SRA dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesejahteraan siswa di Sekolah Dasar (SD), khususnya dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan holistik anak. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur untuk mengumpulkan, menyusun, dan menganalisis sumber-sumber yang relevan, termasuk teks kebijakan, artikel ilmiah, dan penelitian terkait implementasi serta dampak Kebijakan SRA di SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dan dampak Sekolah Ramah Anak (SRA) mencapai kasus sukses dengan peningkatan karakter siswa dan lingkungan belajar yang aman. Program informal juga memberikan pencapaian positif, melibatkan kepatuhan terhadap regulasi, fungsi institusi yang lancar, peningkatan kesadaran akan hak-hak anak, dan penurunan tingkat kekerasan. Kesimpulannya, SRA berperan transformatif dalam membentuk perkembangan positif siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menghorma.

Downloads

Published

2024-04-01