Analisis Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nina Ardianti Dewi Universitas Negeri Medan

Keywords:

bahan ajar, matematika, siswa

Abstract

Bahan ajar yang menarik tentu sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, sehingga dibutuhkan penunjang proses pembelajaran yang baik dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis untuk pengembangan bahan ajar Matematika berbasis Problem Based Learning untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari siswa dan guru kelas V SD Negeri 060874 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah perlu dilakukannya pengembangan bahan ajar Matematika yang menarik bagi siswa, menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami oleh siswa, memuat gambar yang menarik, memuat trik perkalian yang memudahkan peserta didik dalam melakukan pengoperasian dan sesuai dengan lingkungan sekitar siswa sehingga siswa lebih mudah untuk memahami materi pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-01