Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Pengukuran

Authors

  • Nooroin Siti Mardlyyah Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

fisika, media pembelajaran, modul elektronik, pengukuran, STEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan pada pengembangan media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk modul elektronik dengan model pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D yang mengalami pembatasan menjadi 3D (Define, Design, and Develop). Dalam kegiatan pembelajaran fisika, mayoritas peserta didik merasa kesulitan dalam memahami materi pengukuran. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya media pembelajaran yang kurang menarik dan waktu pembelajaran yang terbatas di kelas. Untuk itu peneliti mengembangkan suatu media pembelajaran yang mampu memberikan pemahaman lebih dalam materi pengukuran. Dengan menerapkan media tersebut dalam pembelajaran diharapkan peserta didik mampu dalam menguasai materi pengukuran dan dapat belajar secara mandiri di luar kelas.

Downloads

Published

2024-04-01