Konsep Pendidikan Al-Qur’an di Perguruan Tinggi Bersistem Pesantren

Authors

  • Krisna Wijaya Universitas Darussalam Gontor

Keywords:

al-qur’an, Pendidikan, pesantren

Abstract

Dewasa ini, pendidikan harus diupayakan dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional dalam Sisdiknas, yaitu untuk menjadikan peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan. Untuk mewujudkan impian besar ini, maka pendidikan harus diintegrasikan dengan keberadaan al-Qur’an yang berperan sebagai pedoman umat Islam dalam menjalani kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan mengenai konsep pendidikan al-Qur’an di perguruan tinggi bersistem pesantren studi kasus UNIDA Gontor. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif di mana data penelitian dapat ditemukan dari lapangan atau dari beragam dokumen yang ada. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa UNIDA Gontor merupakan model perguruan tinggi yang mengadopsi sistem kepesantrenan di dalamnya. Salah satu unsur pendidikan pesantren yang menjadi ciri khas di UNIDA adalah penerapan al-Qur’an sebagai bagian dari kurikulum pendidikan di dalamnya. Hal ini terwujud dengan keberadaan Markaz al-Qur’an, Direktorat Islamisasi Ilmu, dan Direktorat Kepesantrenan yang bertugas untuk menyemaikan nilai-nilai al-Qur’an dalam kehidupan mahasantri di dimensi iman, ilmu, dan amal. Semua hal ini dilakukan dalam upaya untuk membentuk insan kamil / manusia sempurna yang paripurna dan sesuai dengan tujuan sistem pendidikan nasional.

Downloads

Published

2024-04-01