Tingkat Ekoliterasi Peserta Didik dalam Konteks Pembelajaran Biologi Berbasis Ekopedagogik: Sebuah Kajian Analitis

Authors

  • Anisa Oktina Sari Pratama UIN Raden Intan
  • Dwi Ulia Sari UIN Raden Intan
  • Akbar Handoko UIN Raden Intan

Keywords:

ekoliterasi, ekopedagogi, lingkungan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini memberikan kontribusi dalam pendidikan peserta didik untuk menjaga pemahaman, kesadaran dan keterampilan hidup selaras dengan pelestarian alam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Alam Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ekoliterasi peserta didik masuk ke dalam kategori sangat baik. Dengan ditunjukkan hasil angket ekoliterasi yaitu peduli terhadap makhluk hidup dan lingkungan 98%, memahami prinsip dasar ekologi sebesar 80%, dan memahami akibat perbuatan manusia bagi ekosistem 62%..

Downloads

Published

2024-04-01