Paradigma Behaviorisme dalam Menyikapi Urgensi Pembelajaran
Keywords:
belajar, behaviorisme, urgensi pembelajaranAbstract
Belajar melibatkan proses penting dalam mengubah perilaku individu, di mana teori-teori seperti behaviorisme menyoroti pentingnya interaksi stimulus-respon. Pendekatan behaviorisme menekankan respons terukur terhadap stimulus, yang memerlukan guru sebagai pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review dengan mengambil isi dari kajian-kajian yang digunakan sehingga dapat menarik kesimpulan dengan menemukan hasil yang sistematis dari berbagai sumber kajian yang digunakan. Hasil penelitian diperoleh bahwa paradigma behaviorisme dalam menyikapi urgensi pembelajaran diantaranya dengan mendukung stimulus-respon yang diinginkan, memberikan umpan balik yang efektif, dan melibatkan siswa secara aktif. Hal lain yang dapat dilakukan yaitu pengulangan materi, latihan berulang, dan penguatan yang sesuai juga diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.