Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP

Authors

  • Ni Putu Ria Anggreni Universitas Lampung
  • Rini Asnawati Universitas Lampung
  • Santy Setiawati Universitas Lampung

Keywords:

pengaruh, problem posing, representasi matematis

Abstract

Kemampuan representasi matematis siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran problem posing terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung sejumlah 302 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran problem posing lebih tinggi dibandingkan data peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Diperlukan penyesuaian banyaknya masalah yang dibuat dan memastikan kesesuaian tipe problem posing dengan materi pembelajaran dikarenakan proses membuat masalah dalam pembelajaran problem posing memerlukan cukup banyak waktu.

Published

2025-03-25