Pembelajaran Mendengarkan dengan Teknik Directed Listening and Thinking Activity

Authors

  • Kaniah Badan Riset dan Inovasi Nasional

Keywords:

directed listening, thinking activity, inovasi, mendengarkan, pembelajaran

Abstract

Directed Listening and Thinking Activity merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran mendengarkan. inovasi pembelajaran ini sejalan dengan pembelajaran kontekstual. Inovasi pembelajaran ini pun dapat menggunakan bantuan teknologi digital. Dengan penggunaan inovasi pembelajaran ini siswa dapat terlibat dalam teks. Sayangnya, inovasi pembelajaran ini masih jarang digunakan di sekolah karena keterbatasan pengetahuan guru. Oleh sebab itu, penelitian ini menjadi penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Directed Listening and Thinking Activity dalam pembelajaran mendengarkan. Metode penelitian ini adalah literature review guna melihat keberhasilan penggunaan Directed Listening and Thinking Activity dalam pembelajaran mendengarkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Directed Listening and Thinking Activity dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mendengarkan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini juga menampilkan contoh model Directed Listening and Thinking Activity dalam pembelajaran mendengarkan. Oleh sebab itu, diperlukan inovasi pembelajaran mendengarkan dengan Directed Listening and Thinking Activity agar pembelajaran lebih bervariasi, berinovasi, dan tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal.

Downloads

Published

2024-04-01