Validitas dan Kepraktisan Instrumen Soal Higher Order Thinking Skills Berbasis Quizizz pada Materi Peredaran Darah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik SMP
Keywords:
HOTS, Minat belajar, Peredaran Darah, QuizizzAbstract
Penelitiam ini bertujuan untuk mengidentifikasi validitas dan kepraktisan instrumen soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang memanfaatkan platform Quizizz pada materi peredaran darah untuk peserta didik SMP kelas 8 untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif untuk mengetahui validitas dan kepraktisan instrument soal yang dikembangkan. Uji validitas dilakukan dengan memberikan instrument valisitas kepada validator ahli serta uji reabilitas menggunakan statistika, sedangkan uji kepraktisan dilakukan dengan menyebarkan angket respon peserta didik berisi yes no questions. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrument soal berbasis HOTS pada Quizizz memiliki dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian validator ahli yang mendapatkan nilai modus 5 yang berarti sangat valid serta hasil uji reabilitas 0,0698 > 0,6 yang berarti reabel. Selain itu, hasil uji kepraktisan dengan menyebarkan angket respon kepada peserta didik mendapatkan hasil 93% yang berarti sangat praktis. Penelitian ini memberikan sumbangan dalam pengembangan instrument evaluasi yang sesuai dengan pendekatan HOTS dan memberikan masukan bagi guru untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik. Selain itu, dengan menggunakan platform Quizizz, guru juga dapat memanfaatkan teknologi dalam mengukur dan mengingkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi peredaran darah serta dapat menciptakan suasana belajar yang interaktif ppada peserta didik SMP kelas 8.