Pengaruh Kecerdasan Visual dan Kreatifitas Terhadap Kemampuan HOTS siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Arief Aulia Rahman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Zul Amry Universitas Negeri Medan
  • Edy Surya Universitas Negeri Medan
  • Budi Halomoan Harahap Universitas Negeri Medan

Keywords:

HOTS, kecerdasan visual spasial, kreativitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan visual spasial dan kreativitas siswa terhadap kemampuan HOTS siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini berjenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanjung Mulia dengan sampel sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket untuk kecerdasan visual spasial dan kreativitas serta soal tes untuk mengukur kemampuan HOTS. Untuk pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji t, dari hasil uji t pada kecerdasan visual spasial diperoleh thitung = 1,884 dan ttabel = 1,717, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan HOTS. Sedangkan untuk pengujian hipotesis kreativitas siswa dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,008 dan ttabel = 1,717, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kreativitas siswa terhadap kemampuan HOTS siswa. Dan menggunakan uji F anova dengan nilai sig 5% sehingga didapat sig 0,00 < 0,05. Sehingga variabel predictor mempengaruhi secara simultan terhadap variabel dependen. Lalu berdasarkan koefisien determinan untuk mengukur besar pengaruh yang dihasilkan secara simultan adalah 54,3%. Hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan visual spasial dan kreativitas siswa memberi pengaruh yang cukup besar terhadap kemampuan HOTS.

Downloads

Published

2024-04-01